Bank BJB Targetkan Penyaluran 5.700 Unit Rumah Subsidi pada 2021

56
BERKUALITAS: Tampak depan rumah subsidi Bumi Banten Indah di Kota Serang. (FOTO: ISTIMEWA)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Bank BJB menargetkan akan menyalurkan 5.700 unit rumah subsidi pada tahun anggaran 2021.

“Bank BJB kembali mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk mensukseskan program sejuta rumah di tahun 2021. Kepercayaan itu tercermin melalui penunjukkan kembali Bank BJB sebagai bank pelaksana penyaluran dana Kredit Perumahan Rakyat Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2021,” kata Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini dikutip dari lamam resmi Bank BJB, Senin (21/12).

Ia mengatakan, Bank BJB siap membayar kepercayaan pemerintah dengan mengoptimalkan sumber daya dan dukungan untuk mensukseskan program sejuta rumah. Pengerahan sumber daya perusahaan terutama akan dilakukan untuk dalam melalukan penyaluran pembiayaan berkualitas.

“Bank BJB akan mengerahkan segenap sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk mendongkrak laju implementasi program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah. Beriringan dengan itu, perusahaan akan menjaga komitmennya untuk turut serta menyalurkan pembiayaan untuk hunian yang berkualitas demi mempersembahkan kepuasan pelayanan kepada masyarakat penerima manfaat program,” kata Suartini.

Penunjukkan kembali bank bjb sebagai lembaga mitra penyalur dilakukan setelah melalui beberapa tahapan penilaian dan verifikasi. bank bjb berhasil kembali memperoleh kepercayaan pemerintah berkat portofolio penyaluran KPR FLPP yang terbilang mengesankan sepanjang tahun 2020.

Tercatat bank bjb berhasil menyalurkan KPR FLPP untuk pembiayaan 5.386 unit hunian atau 102% dari target realisasi pembiayaan untuk 5.275 unit. Angka penyaluran yang melebihi target kuota ini mengulangi keberhasilan perusahaan pada tahun 2019 di mana bank bjb berhasil melebihi target distribusi pembiayaan KPR FLPP dengan realisasi 100,05% dari target.

Keberhasilan pelampauan target penyaluran KPR ini menjadi salah satu instrumen penilaian yang dilakukan Kementerian PUPR. Bank pelaksana yang menandatangani PKO telah dievaluasi oleh PPDPP Kementerian PUPR berdasarkan hasil evaluasi kinerja realisasi penyaluran Dana FLPP sejak triwulan I hingga triwulan IV tahun 2020, dengan unsur penilaian kinerja dalam proses verifikasi, hasil pemantauan lapangan terkait ketepatan sasaran, termasuk dukungan pelaksanaan, serta indikator kinerja keuangan.

“Pada 2021, bank bjb menargetkan penyaluran pembiayaan KPR FLPP untuk sekitar 5.700 unit pada tahap awal. Untuk mencapai target ini, bank bjb telah mempersiapkan strategi khusus termasuk dengan menyusun segmen prioritas nasabah kategori MBR, serta memetakan kawasan potensial bagi penyaluran KPR FLPP. Berkaca pada rekam jejak di tahun-tahun sebelumnya, serta prospek kebangkitan ekonomi tahun 2020, bank bjb optimis sanggup kembali melampaui target dalam mensukseskan program sejuta rumah,” pungkasnya. (*/ismet)