Bank bjb Beri Bantuan Permodalan UMKM di Kabupaten Serang

29

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank bjb) memberikan bantuan pinjaman permodalan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Koperasi Senyum Desa Nusantara di Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang.

Bantuan permodalan ini diberikan sebagai bentuk komitmen Bank bjb mendorong pemulihan ekonomi di Provinsi Banten.

Wakil Pemimpin Bank bjb Kck Banten Ofik Taufik Rubiyana mengatakan bantuan permodalan itu bertujuan untuk mengembangkan bisnis UMKM di Provinsi Banten khususnya di Kabupaten Serang.

“Bank bjb sebagai bank daerah, hadir untuk membantu UMKM di Kabupaten Serang. Saat ini, merupakan era digital dan pandemi memaksa kita semua untuk berevolusi melakukan digitalisasi. Untuk itu, Bank bjb juga hadirkan pembayaran digital melalui QRIS sehingga pembayaran bisa menjadi lewat cepat dan mudah,” kata Ofik Taufik di sela-sela melakukan perjanjian kerjasama dengan Koperasi Senyum Nusantara tentang akses permodalan di Graha Kreatif, Desa Pasirbuyut, Jawilan, Kabupaten Serang, Selasa (19/10) kemarin.

Turut hadir Deputi CEO Regional IV Bank bjb Somi Mohamad Yunus, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud, Wakil Pemimpin Bank bjb KCK Banten Ofik Taufik Robiyana, Ketua Koperasi Senyum Desa Nusantara Johani, Kepala Grup Head UMKM Kanwil IV Bank bjb Anton Nuswantara.

Deputi CEO Regional IV Bank bjb Somi Mohammad Yunus mengungkapkan, dengan adanya bantuan permodalan dari Bank BJB, diharapkan mendorong pemuda Jawilan Kabupaten Serang lebih kreatif dalam meningkatkan perekonomian di desanya melalui penguatan UMKM. 

“Harus cepat mengambil kesempatan agar peluang itu tidak diambil juga oleh orang lain tapi melainkan oleh penduduk setempat atau pelaku pelaku UMKM,” katanya.

Menurutnya, Bank bjb saat ini termasuk salah satu bank yang berperan aktif mendorong digitalisasi perbankan sekaligus mendorong masyarakat menggunakan sarana QRIS.

“Kami selaku juga di Bank BJB Kanwil IV di wilayah Banten bersama dengan cabang-cabang di  Banten mendorong masyarakat juga pelaku ekonomi UMKM menggunakan pembayaran nontunai dan menggunakan QRIS dari Bank bjb agar mempermudah transaksi,” katanya.

Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud apresiasi langkah Bank BJB memberikan bantuan permodalan kepada UMKM di Kabupaten Serang khususnya di Graha Kreatif.

“Namun yang paling penting adalah para UMKM harus kreatif. Informasi dan mau ikhtiar adalah modal bagi para UMKM. Jika ada peluang dan berkembang, bisa mengakses permodalan di Bank bjb,” katanya.

Ketua Koperasi Senyum Desa Nusantara Johani merasa senang mendapatkan dukungan dari Pemkab Serang dan Bank bjb.

“Dengan begini, para UMKM bisa sejahtera dan menjadi contoh bagi anak-anak muda di desa ini,” katanya. **