Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas, SWDKLLJ Wajib Dibayar Apa itu?

50
Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Sigit Harismun saat podcast bersama ekbisbanten,Kamis (10/2/2022).

SERANG,EKBISBANTEN.COM – Setiap membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, ada tambahan biaya SWDKLLJ yang tertera pada struk pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) adalah asuransi yang akan diberikan oleh Jasa Raharja bagi korban kecelakaan lalu lintas.

Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Sigit Harismun mengatakan, bahwa SWDKLLJ yang tertera pada STNK wajid dibayar pengguna kendaraan bermotor.

BACA JUGA : Rapemwil Yang Dibentuk Priyo CS, Mukhibat : Itu Trah Cendana Palsu Kita Siap Lawan

“SWDKLLJ ini adalah biaya pembayaran asuransi Jasa Raharja yang wajib dibayar, dan akan diserahkan kembali apabila terjadi laka lantas kecelakaan lalu lintas,” ujar Sigit Harismun, saat podcast bersama Ekbisbanten di kantor Jasa Raharja Cabang Banten, Kamis (10/2/2022).

Adapun besaran tarif SWDKLLJ berbeda-beda, bergantung pada jenis kendaraan.

Biasanya besaran SWDKLLJ untuk kendaraan roda dua atau motor yang memiliki kekuatan mesin 50 cc sampai 250 cc bakal dikenakan Rp 35.000.

Sedangkan kendaraan roda empat dan minibus biasanya dikenai biaya Rp 153.000.

“Jadi SWDKLLJ semacam sumbangan wajib. Masyarakat secara gotong royong melakukan sumbangan kepada korban kecelakaan melalui kepemilikan kendaraan bermotor,” paparnya.

“Setiap insan yang memìliki kendaraan mempunyai kewajiban untuk menyumbang korban
kecelakaan. Jadi kita nyumbang untuk orang lain bukan untuk diri sendiri, apa bila terjadi kecelakaan, lanjutnya.

Sigit mengaku, Jasa Raharja Banten pun terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, pihaknya pun sudah bekerjasama dengan rumah sakit wilayah Banten.

“Kita terus mensosialisasikan ke rumah sakit, ketika ada korban kecelakaan dibawa ke rumah sakit kita (Jasa Raharja-red) hadir disitu,” tutupnya.***