Asperda Indonesia Buka Peluang Kerjasama Bisnis Dengan Pertamina Lubricants

54
Pengurus DPP Asperda Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pertamina Lubricants di Jakarta, Rabu (5/3). (Foto: Dok. Asperda Indonesia)

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organisasi Pengusaha Rental Mobil Indonesia (ASPERDA) berencana melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Pertamina Lubricants sebagai salah satu penyedia oli terkemuka di Indonesia. Tujuannya, untuk mempermudah pengusaha rental di Tanah Air dalam mendapatkan pasokan pelumas berkualitas dengan harga yang lebih kompetitif.

Selain dengan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), DPP Aspersa Indonesia juga kini, sedang membuka peluang kerjasama dengan berbagai calon vendor atau rekanan terkait usaha persewaan kendaraan, seperti supplier oli, dealer, finance, supplier spare part dan ban.

“Beberapa calon rekanan sudah menyatakan minat untuk melakukan kerjasama, tinggal ditindaklanjuti dalam bentuk agreement. Namun ada pula yang masih dalam tahap penjajakan,” kata Ketua umum DPP ASPERDA Didik Prasetyo kepada Ekbisbanten, Kamis (6/3).

Didik menjelaskan, sebagai salah satu keseriusan menjalin kerjasama dengan penyedia oli, pengurus DPP Asperda Indonesia, sudah melakukan pertemuan dengan pihak PT Pertamina Lubricants di Jakarta, Rabu (5/2) kemarin.

“Hasilnya adalah bahwa terbuka kemungkinan untuk dapat bekerjasama dalam penyediaan oli bagi pengusaha rental mobil member Asperda diseluruh Indonesia,” terang Didik.

Bahkan, lanjut Didik, DPP ASPERDA sudah diminta menyiapkan data estimasi kebutuhan pelumas yang dibutuhkan anggota di setiap kota di Indonesia. Tujuannya, untuk mempermudah pihak Pertamina dalam menghitung analisa bisnisnya sebagai bahan untuk menentukan aspek komersial dalam kerjasama kedepanya.

“Makanya dalam waktu secepatnya kita akan sampaikan ke pihak Pertamina,” katanya

Sementara Sekjen DPP Asperda Indonesia Erwin Suryana mengungkapkan, kunjungan ke kantor Pertamina Lubricants di Jakarta dalam rangka menjalin silaturahmi.

“Sekaligus pertemuan bisnis to bisnis antara asosiasi pengusaha rental mobil Indonesia dengan Pertamina Lubricants sebagai salah satu penyedia pelumas di Indonesia,” ungkap Erwin Suryana.

Erwin menuturkan, rencananya kerjasama dengan PT Pertamina Lubricant ditarget dapat dilakukan pada tahun 2020 ini.

“Kerjasama dengan vendor oli akan dilaksanakan tahun 2020 ini juga. Kita sedang melakukan penjajakan dengan berbagai vendor, yang mana paling cocok bagi anggota kami,” katanya

Hingaa saat ini lanjut Erwin, jumlah unit kendaraan anggota Asperda diseluruh Indonesia diperkirakan mencapai 10.000 unit.

“Apabila per unit rata-rata menggunakan oli sebanyak 4 liter, dan penggantian oli rutin setiap bulan, maka kebutuhan oli kita diperkirakan sebesar 40.000 liter setiap bulan,” kata Erwin.

Erwin menambahkan, salah satu kriteria distributor pelumas yang akan diajak kerjasama DPP Asperda, vendor oli yang punya saluran distribusi lengkap diseluruh Indonesia.

“Jadi pengiriman barang dilakukan pihak distributor yang ditunjuk. Yang pasti anggota akan mendapatkan keuntungan, berupa harga atau layanan terbaik. Untuk ialkulasi bisnisnya masih sedang didiskusikan dengann mitra kerja kita,” pungkasnya. (Raden/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here