Sabtu, 20 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

APIP dan SPIP Di Level 3, Ini Kiat Pemprov Banten Dalam Tata Kelola Pemerintahan

and

| 2 Februari 2023

| 11:28 WIB

Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar dalam agenda Penyerahan Laporan Hasil SPIP Terintegrasi Tingkat Daerah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten. (Foto/Pemprov Banten)

EKBISBANTEN.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten capai level 3 dalam Kapabilitas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar mengatakan, Posisi ini sebagai pencapaian dan modal dasar bagi peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Pencapaian APIP dan SPIP yang menduduki Level 3 ini merupakan pencapaian yang baik karena proses tata kelola pemerintahan di Provinsi Banten sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkap Al Muktabar saat memberikan sambutan pada Penyerahan Laporan Hasil SPIP Terintegrasi Tingkat Daerah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, Rabu (01/02).

Menurutnya, dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik, diperlukan kolaborasi dan koordinasi antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Hal tersebut agar menciptakan tatanan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang baik.

Al Muktabar mengatakan sejumlah asas yang menjadi panduan dasar dalam melaksanakan tanggungjawab.

“Moment ini bagian dari kita melakukan pemerintahan yang berdasarkan asas akuntabilitas, efektifitas, efisien dan transparan. Menjadi panduan dasar kita dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” katanya.

Kedepan, Pemprov Banten akan menghadapi permasalahan teknis seperti pengendalian inflasi, pengurangan angka kemiskinan serta penurunan angka kematian bayi.

Al Muktabar juga berharap, dengan terlaksananya tugas pokok dan fungsi BPKP dengan baik bisa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang didasari dengan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala perwakilan BPKP Provinsi Banten Farid Firman, mengatakan BPKP sebagai pembina SPIP dan Kapabilitas APIP akan terus membantu Pemerintah Provinsi Banten dalam memberikan konsultasi serta pengawalan dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan.

“Provinsi Banten ini sudah ada di level 3. Artinya sudah melakukan perbaikan tata kelola manajemen risiko yang baik. Tapi kami akan tetap melakukan pengawalan agar Banten ini tetap lebih baik lagi,” jelasnya.

“Harapannya agar lebih baik lagi, yang jelas kita upayakan semuanya untuk masyarakat Bangen dengan SPIP atau APIP ini mampu bekerja dengan baik,” pungkasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top