Apapun Variannya, Ini Pesan Menkes Hadapi Covid-19

14
Menkes
Foto: Instagram.com/@budigsadikin.

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Sudah hampir dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Virus yang menyerang sistem pernapasan manusia itu telah banyak menimbulkan korban jiwa. Seiring berjalannya waktu, virus yang diklaim berasal dari Wuhan, China itu juga terus bermutasi, mulai dari varian Alpha, Beta, Delta hingga yang terbaru Omicron, Sabtu (25/12/2021).

Menyikapi hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin memberi tiga pesan kepada seluruh warga Indonesia demi memutus penyebaran dan penularan Covid-19.

“Apapun variannya pertama pesan saya adalah disiplinkan protokol kesehatan. Dipastikan masyarakat disiplin terus pakai masker,” katanya.

Selanjutnya, Budi menyampaikan, penggunaan aplikasi Pedulilindungi juga diklaim mampu memutus penyebaran dan penularan Covid-19. Pasalnya, aplikasi tersebut mampu mendeteksi orang yang memiliki risiko positif Covid-19.

“Itu aplikasi bagus, cuma kadang-kadang orang kurang disiplin. Padahal itu bagus untuk mendeteksi kalau ada orang yang kena,” ujarnya.

Yang terakhir, Budi berpesan agar Pemerintah Daerah dapat terus mempercepat vaksinasi kepada masyarakat hingga tahap kedua agar dapat lebih terlindungi ketika terkena Covid-19.

“Vaksinasi ini tetap harus dipercepat. Apapun variannya kalau sudah divaksin jauh lebih baik daripada belum, apalagi kalau sudah dua kali divaksin akan jauh lebih baik,” ucapnya.***