Antisipasi Keadaan Darurat Saat Arus Mudik Lebaran, KKP Banten Siapkan 4 Ambulance Motor

32
Kepala KKP
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten, Ongky Sedya Dwi Sangka. (Foto: Maulana/Ekbisbanten.com).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Dalam rangka mengantisipasi kemacetan akibat lonjakan arus mudik lebaran tahun 2022, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten menyiapkan ambulance motor.

Diketahui, KKP Banten akan menyiapkan empat ambulance motor untuk mengantisipasi keadaan darurat saat terjadinya kemacetan pada arus mudik.

“Arus mudik kali ini mungkin ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena sudah dua tahun selalu ada pembatasan, arus mudik dua tahun ke belakang ini seperti tidak mudik dan tahun ini akan dilonggarkan,” kata Kepala KKP Banten Ongky Sedya Dwi Sangka, Senin (11/4/2022).

Menurut Ongky, gagasan program ambulance motor atau Medical Mobile Emergency Respon (MMER) itu dibuat untuk menyikapi keadaan darurat di tengah-tengah kemacetan yang tidak bisa ditembus oleh ambulance mobil.

Lebih lanjut, kata Ongky, ambulance motor itu juga dikendarai oleh tenaga medis dan dilengkapi dengan peralatan emergency dan oksigen.

“Nanti kalau ada kasus darurat diharapkan ini bisa dengan cepat menolong, karena motor bisa nyelip-nyelip. Kalo ambulance mobil kan susah, jadi kita pakai motor yang dikemudikan tenaga medis,” ujarnya.

“Jadi secara emergency bisa menolong lebih awal. Sambil menolong tim medis kami akan menilai apakah cukup selesai disitu atau dirujuk. Kalau dirujuk, tenaga medis akan mengontak RS rujukan,” sambung Ongky.

Selain ambulance motor, Ongky mengungkapkan, KKP juga menyiagakan lima mobil ambulance. Tiga ambulance disiagakan di Pelabuhan Merak, sedangkan dua lainnya di kantor KKP.

Kemudian, KKP pun menyiapkan tiga posko kesehatan di dalam pelabuhan. Pertama posko kesehatan di dermaga reguler, kedua di dermaga eksekutif dan posko kesehatan kontainer untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang butuh pengobatan kedaduratan.

“Juga kita menyediakan vaksinasi, menyediakan konfirmasi kasus positif covid jika ada yang diperlukan dan disamping itu kita menyediakan ambulan rujukan yang kita siapkan,” tandasnya.***