Anies-Muhaimin antara Strategi dan Kongsi Politik

Admin

| 2 September 2023

| 15:38 WIB

Dosen Fikomm Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan Direktur Riset Data Politik Indonesia, M Nastain

Oleh: M Nastain*

Penunjukan Muhaimin sebagai calon wakil presiden 2024 mendampingi Anies Baswedan merupakan kejutan terbaik pekan ini. Keputusan tersebut akan merubah peta politik secara nasional bagi keseluruhan konstestan. PKB yang selama ini aktif melakukan safari komunikasi politik dengan berbagai pihak, pada akhirnya melabuhkan pilihan pada Anies Baswedan.

Secara kalkulasi politik suara Nasdem dan PKB yang tidak berbeda jauh membuat pasangan ini sangat masuk akal. Komposisi yang ideal untuk didorong jika hanya berbasis kursi electoral. Akan tetapi secara elektabilitas apakah juga mumpuni tentu membutuhkan analisis lebih jauh karena dalam beberapa kali temuan riset nama Muhaimin tidak signifikan mendongkrak elektabilitas pasangan.

Keputusan Anies menjadikan Muhaimin sebagai cawpres pastinya sudah melalui sebuah perhitungan yang matang. PKB dalam dua kali pemilu terakhir mampu menunjukkan diri sebagai partai dengan basis pemilih islam terbanyak dengan mengantongi kurang lebih 9% suara meninggalkan partai berbasis islam lainnya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top