Ajang Top CSR 2020 Resmi digelar Sucofindo Raih Dua Penghargaan Sekaligus

25

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan pada kategori Top CSR dalam ajang TOP CSR 2020 dan sekaligus Direktur Utama SUCOFINDO Bachde Djohan Biddin yang juga meraih penghargaan sebagai Top Leader on CSR Commitmen 2020.

Penghargaan yang diberikan kepada Direktur Utama SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin dan Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO, Budi Hartanto yang kemudian diserahkan langsung oleh Wakil Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Alue Dohong yang didampingi oleh Ketua Penyelenggara Top CSR 2020, M. Luthfi Handayanu dan Ketua Dewan Juri, Mas Achmad Daniri di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (29/7).

Selain itu Alue Dohong juga memberikan apresiasi kepada para perusahaan yang menerima Top CSR 2020

“Tentunya sangat memberikan apresiasi kepada para perusahaan yang meraih penghargaan agar terus berkomitmen dan berinovasi di situasi pandemi Covid-19 sehingga membangun kenormalan yang baru secara optimis.”ujarnya

Ketua Penyelenggara TOP CSR 2020, M.Luthfi Handayani menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya TOP CSR 2020 di antaranya adalah untuk mendorong secara masif adopsi CSR yang efektif, inovatif dan berkualitas sesuai dengan Panduan ISO 26000 tentang Social Responsibility agar kebijakan-kebijakan dan program-program CSR di Indonesia dapat semakin terintegrasi dengan bisnis perusahaan.

“Tujuan dari TOP CSR 2020 ini mendorong implementasi CSR yang efektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan tata kelola institusi perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).”

Dirut SUCOFINDO menuturkan bahwa, SUCOFINDO telah menerapkan GCG dengan kinerja yang terus meningkat, melaksanakan program CSR yang mendukung strategi perusahaan berkelanjutan serta menggunakan Panduan ISO 26000 dalam pelaksanaan kegiatan CSR.

Dalam upaya pemulihan ekonomi serta mendukung UKM untuk tetap berkarya di masa pandemi salah satunya melalui bantuan untuk mitra binaan SUCOFINDO di sektor peternakan.

“Kami akan terus memonitor dan selalu melakukan evaluasi bagi berbagai sektor UKM dalam mengembangkan usahanya melalui unit PKBL kami,” jelas Bachder.

Pada kesempatan yang sama Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO Budi Hartanto memaparkan bahwa SUCOFINDO memiliki konsep Creating Shared Value (CSV) dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan.  

“Konsep CSV didasari pada ide adanya hubungan interdependen antara bisnis dan kesejahteraan sosial yang menekankan adanya peluang untuk membangun keunggulan kompetitif dengan memasukan masalah sosial sebagai bahan pertimbangan utama dalam merancang strategi perusahaan,” jelas Budi.

Khusus kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, SUCOFINDO juga turut menyalurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat maupun pihak medis di beberapa wilayah seperti Jakarta, Jambi dan Makassar sebagai wujud implementasi BUMN Untuk Indonesia.