Air Lindi Cemari Pemukiman Warga Pasir Gadung, Ini Kata DLH kota Serang

13
Air Lindi di TPSA Cilowong, Minggu (9/1/2022).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang angkat bicara soal air lindi buangan sampah Cilowong mencemari Kampung Pasir Gadung Wadas, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang.

Kepala DLH Kota Serang Farach Richi mengatakan, terkait keluhan tersebut, pihakanya akan turun tangan agar air lindi buangan sampah Cilowong tidak mengalir ke permukiman warga.

“Kami akan segera tangani di 2022 ini, kami akan mengoperasikan mesin pengolah air lindi,” ucap Kepala DLH Kota Serang Farach Richi, saat dihubungi pesan whatsapp, Minggu (9/1/2022).

BACA JUGA : Timbulkan Penyakit, Masyarakat Pasir Gadung Wadas Keluhkan Air Lindi Berwarna Hitam Pekat

Farach mengatakan, bahwa air lindi buangan sampah Cilowong selama ini masuk ke dalam kolam pengolahan. Di sana terdapat tiga kolam untuk mengolah aliran air lindi.

Kolam tersebut, lanjut Farach, sebagai cara agar air lindi yang keluar dari sampah Cilowong dapat terfilter terlebih dahulu.

Dia mengaku, pihaknya juga telah mengecek secara rutin kandungan air lindi tersebut. Dan hasil laboratorium pun, air lindi yang mengalir tersebut masih diambang batas aman.

“Kemarin sudah diuji coba. Hasil lab, menyatakan masih dalam batas normal,” paparnya.

Sebab itu, pihaknya akan menanggapi keluhan warga terkait air lindi yang mengalir di aliran sungai. Rencananya DLH akan segera mengoperasikan mesin pengolah air lindi.

“InshaAllah dengan dioperasionalkan mesin pengolah air lindi, air yg mengalir akan lebih dalam kapasitas normal, tidak hitam dan tidak bau,” pungkasnya.***