Jumat, 19 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Agar Tak Mudah Dehidrasi, Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa

Budi Man

| 12 Maret 2024

| 13:00 WIB

Ilustrasi minum air putih mencegah dehidrasi. Foto: syarifahbit/Freepik.com.

EKBISBANTEN.COM-Bulan suci Ramadan telah tiba. Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan dahaga sampai waktu berbuka tiba. 

Selama menjalankan ibadah puasa, asupan cairan untuk tubuh haruslah tetap terpenuhi. Tak jarang selama berpuasa, banyak yang mengalami dehidrasi karena pola perubahan jam asupan air untuk kebutuhan tubuh. 

Melansir laman halodoc, kekurangan asupan air putih saat puasa dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan, dan kulit kering.

Bahkan, dalam kasus dehidrasi yang parah, kemungkinan mengalami komplikasi yang lebih serius, seperti masalah ginjal dan kejang. 

Maka dari itu, agar tubuh tak mudah dehidrasi, berikut cara atau aturan yang efektif meminum air putih saat menjalankan ibadah puasa:

1. Dua Gelas Air Putih ketika Berbuka

Dua gelas air putih untuk berbuka puasa cukup untuk meredakan rasa haus selama seharian berpuasa. Tentunya anda dapat minum satu gelas langsung ketika berbuka dan satu gelas lagi berselang beberapa menit kemudian setelah menyantap makanan ringan.

2. Empat Gelas Air Putih saat Makan Malam

Malam hari sebelum hendak tidur, cobalah untuk meminum empat gelas air putih. Anda dapat meminum air putih beberapa gelas ketika makan malam. Hal tersebut juga berguna untuk mempermudah tubuh untuk memproses makanan yang masuk sehingga lebih mudah untuk dicerna.

3. Dua Gelas Air Putih saat Sahur

Saat sahur tiba, anda dapat meminum dua gelas air putih. Satu gelas air putih ketika hendak menyantap makanan sahur dan satu lagi saat mendekati waktu Imsak. 

Hal tersebut dapat memberikan kamu asupan energi yang cukup untuk seharian berpuasa. Selain itu, juga berguna untuk memperlancar pencernaan dan membuang racun di dalam tubuh.

Perlu diingat, hindari terlalu banyak mengkonsumsi teh dan kopi. Sebab, minum terlalu banyak teh atau kopi dapat menyebabkan meningkatnya kandungan kafein. Akibatnya, hilangnya kandungan air di dalam tubuh dapat meningkatkan rasa haus.

Hindari juga makanan atau minuman manis yang dapat dicerna dengan sangat cepat dan bisa membuat anda merasa lapar lebih cepat dari yang diharapkan. 

Maka dari itu, minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan. Ini akan mencairkan asam lambung, serta menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Anda bisa menyiasatinya saat berbuka untuk menyantap makanan yang mengandung banyak air, seperti buah, sayuran dan lain-lain. 

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top