Ada Ledakan di PT MCCI, Satu Orang Dikabarkan Terluka

46
PT MCCI
Kepulan asap akibat dari ledakan yang terjadi di PT MCCI. (Foto: Tangkapan layar dari video yang beredar).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Masyarakat Kota Cilegon digegerkan oleh suara ledakan dari PT MCCI yang terjadi pada Rabu (23/2/2022) dini hari sekira pukul 03.30 WIB.

Berdasarkan video yang beredar berdurasi 47 detik itu memperlihatkan adanya kepulan asap berwarna putih dan semburan material yang diduga abu kimia menutupi mobil-mobil yang terparkir di salah satu perusahaan yang diduga ada di sebelah PT MCCI akibat dari ledakan tersebut.

“PT sebelah meledak,” kata warga dalam video tersebut.

“Baunya gak enak sekali, diwajibkan pakai masker ini. Mobilnya sudah kaya gunung api meletus aja tuh,” timpal warga lainnya.

Terpisah, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono saat dikonfirmasi membenarkan informasi ledakan yang terjadi di PT MCCI tersebut. Pihaknya juga langsung menerjunkan petugas untuk mengecek ke lokasi pada pagi harinya.

“Namun karena situasi awal itu masih terjadi asap atau semburan itu sehingga tidak bisa mendekat ke lokasi. Oleh manajemen security perusahaan akhirnya di-shut down dulu, siang ini mungkin tim masuk ke lokasi,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, AKBP Sigit Haryono menyampaikan ledakan tersebut berasal dari pipa yang menghubungkan antara tabung reaktor ke tabung kristalisator untuk produk yang diproduksi oleh PT MCCI.

“Pipa tadi itu kita masih melakukan penyelidikan apakah patah karena tekanan  atau karena pipanya sudah tidak memenuhi syarat, itu masih diselidiki kenapa pipa itu bisa meledak,” ujarnya.

Akibat dari ledakan tersebut, dikabarkan terdapat satu orang korban luka-luka dan langsung dilarikan ke klinik terdekat untuk dilakukan pertolongan.

“Untuk korbannya satu orang masih diobservasi. Korban luka-luka. Itu masih dirawat di klinik karena lukanya tidak terlalu berat,” ucapnya.

Diketahui, semburan akibat ledakan itu juga sampai ke terminal BBM Tanjung Gerem milik PT Pertamina yang berada di sekitar PT MCCI. Namun beruntung, hal itu tidak menimbulkan bahaya.

“Semburan itu sampai ke Pertamina, tapi di sana tidak mengakibatkan hal-hal yang membahayakan di Pertamina nya. Di lokasi tidak ada alat atau ada tabung BBM, masih aman,” ujar AKBP Sigit Haryono.

“Itu laporan sementara itu ya, kan kita belum tahu. Nanti ini Reskrim sedang ke sana mengecek, nanti laporannya apa biar saya baca, tapi informasi awal seperti itu,” tutupnya.**