ACT Serang Raya Resmikan Sumur Wakaf di Pesantren Al–Futuhat

10

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang Raya meresmikan Sumur Wakaf di Pesantren Al–Futuhat, Kampung Pamupukan, Banjarsari, Cipocok Jaya, Kota Serang pada, Minggu (25/4).

Sumur wakaf ini diresmikan langsung oleh Head of Sub Regional ACT Banten, Muhammad Zaki dan Head of Program, Sukma Jayalaksana.

Head of Program ACT Serang Raya Sukma Jayalaksana mengungkapkan bahwa terkadang pesantren mengalami kesulitan air dan jumlah MCK yang minim.

“Alasan kenapa kita membangun sumur wakaf disini salah satunya pondok pesantren salafi, dimana para santrinya tidak dipungut biaya dan prioritas mengapa kita membangun sumur wakaf disini dikarenakan kebutuhan sarana air bersih dan MCK nya memang sulit. kondisi dengan santri sejumlah 30 orang ini harus mengantri dengan satu kamar mandi yang airnya mungkin kadang ada kadang tidak,” ungkap Sukma.

Untuk diketahui, terbangunnya sumur wakaf ini merupakan hasil dana dari keluarga Abi Chabsin. Lebih lanjut, selain dibangunnya sumur wakaf di Pesantren Al-Futuhat ini, ACT juga memberikan bantuan modal usaha ternak ayam agar santri mandiri secara ekonomi.

“Perlu diketahui juga bahwa di sumur wakaf ini atau di pesantren ini adakan pemberdayaan lain, kita memberikan bantuan modal usaha ternak ayam yang saat ini sudah berjalan. dan rencananya nanti juga akan ada tahapan konservasi dimana akan melakukan penanaman tanaman produktif dan tanaman penguat tanah dan penyerapan air disini,” jelas Sukma.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Al– Futuhat Mukhtar Hadi mengaku sangat terharu dan berterima kasih karena pesantren yang ia pimpin dibangunkan sumur wakaf oleh Aksi Cepat Tanggap Serang melalui dana wakaf keluarga Abi Chabsin.

“Alhamdulillah saya merasa terharu karena merasa diperhatikan terhadap kebutuhan para santri sampai membangunkan MCK, sebetulnya saya pengen sekali membangun MCK namun karena belum memiliki kemampuan. Semoga kedepannya ACT bisa lebih memberikan kebermanfaatan, terutama untuk pesantren yang seperti ini, yang kekurangan dalam segi fasilitas,” ungkap Mukhtar Hadi.

Untuk pembangunannya memakan waktu kurang lebih 2 bulan, dari mulai pengeboran, sampai membangun sarana pendukungnya sampai dengan membangun kandang ayam untuk santri.

Mari bantu pembangunan sumur wakaf pesantren lainnya di Kota dan Kabupaten Serang dengan menyalurkan dana wakaf terbaikmu melalui rekening Global Wakaf : BNI Syariah 66 00000 958. (*/Raden)