ACT Bantu Ekonomi Masyarakat Lewat Program Sahabat UMI

50

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghadirkan program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI) sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang kesulitan modal dalam melalukan usaha.

Vice President ACT, Insan Nurrochman, Sahabat UMI merupakan sedekah modal kerja yang dikhususkan bagi pelaku usaha perempuan pemilik usaha rumahan atau pedagang keliling yang terdampak pandemi Covid-19.

“Para pemilik usaha harus memenuhi kriteria diantaranya penggerak usahanya adalah perempuan dari keluarga prasejahtera dengan skala rumahan atau pedagang keliling, modal usaha di bawah Rp1juta, produk siap jual (bukan dropshipper atau barang ada jika ada pesanan), tidak mensyaratkan agunan fisik atau hal lainnya, wajib memiliki usaha dan pengalaman berjualan sebelumnya, tidak dalam proses atau pengajuan modal usaha dari lembaga lainnya, dan tidak menggunakan dana tambahan modal untuk kebutuhan pribadi,” ungkap Insan, Jumat (28/5).

Seluruh bantuan modal ini, kata Insan, akan menjadi bantuan terbaik untuk para Ibu yang berjuang menggerakkan perekonomian keluarga sekaligus menghidupkan sektor usaha mikro.

ACT Bantu Ekonomi Masyarakat Lewat Program Sahabat UMI

“Salurkan donasi terbaik Sahabat Dermawan melalui www.indonesiadermawan.id. Semoga ikhtiar ini menjadi bentuk tanggung jawab dan kontribusi sosial sahabat kepada masyarakat demi mengembalikan perekonomian bangsa,” kata Insan.

Salah satu pelaku usaha yang medapatkan bantuan ialah, Juanah (40) warga Kampung Duku, Kelurahan Pagarbatu, Kecamatan majasari, Kabupaten Pandeglang. Juanah membuka usaha warung klontong kecil didepan rumahnya, dengan uang modal hasil dari pinjaman bank keliling.

“Dana yang dipinjam 6 juta, dan belum terbayar, baru setengahnya ada corona, ini juga lagi dipe’rein (diliburkan) dulu dari banknya karena corona katanya” kata Juanah berusaha tegar.

Dapak penyebaran Covid-19 memang semakin terasa menghimpit kehidupan keluarga Juanah. Ia terus berikhtiar membuka warungnya walau pembeli memang tidak sebanyak hari biasa. Selain untuk makan, Juanah juga harus menanggung pembayaran kebutuhan lain seperti listrik dan lain sebagainya.

“Ya semoga kalo ada dana tambahan modal bisa nambah usaha pulsa, bensin dan lainnya, terimakasih ACT,” tutup Juanah. (Raden)