ACT Banten Bersama Muslim dan Muslimah Explorer Dirikan Sumur Wakaf di Serang

46

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Banten bersama Muslim dan Muslimah Explore Serang meresmikan Wakaf Sumur dan sosialisasi hidup bersih dan sehat di Kampung Kalisalak, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Ketua RW Kalisak Fauzan mengatakan, biasanya warga mengkonsumsi air yang rasanya asin di wilayah ini. Jika ingin air layak konsumsi dan tanpa rasa maka terpaksa warga harus membelinya dengan harga yang cukup mahal bagi warga sekitar.

“Walaupun dengan keadaan seperti itu masyarakat tetap memakai air ini untuk mencuci sehingga menyebabkan pakaian menjadi cepat rusak, selain itu juga banyak masyarakat yang memiliki penyakit tipes akibat kekurangan air yang layak konsumsi” ujar Fauzan, Sabtu (24/10).

Sekarang ini sudah memasuki musim penghujan, namun tidak menjadikannya solusi masyarakat untuk mendapatkan air bersih layak konsumsi.

Sementara itu salah satu warga Neti mengatakan, “Setiap ingin memasak dan minum selalu mengandalkan air dapat beli di warung PDAM, setiap galon seharga 3000-5000 rupiah dan sehari menghabiskan 3-5 galon untuk memasak,”.

Masyarakat selalu berharap akan ada bantuan dari orang-orang yang bersimpati untuk memperbaiki keadaan di Kampung ini, untuk bisa mengurangi permasalahan air yang terjadi.

Hal ini dilakukan oleh perwakilan pewakif yang peduli akan keadaan di kampung ini. “Kita dapat dukungan yang positif dari teman-teman untuk mewujudkan kepedulian di Kampung ini dan kita juga mempercayakan kepada ACT yang sudah kita anggap sebagai keluarga sendiri untuk bisa menyalurkan amanah ini kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Iman salah satu pewakif dari Komunitas Muslim & Muslimah Explorer Peduli.

ACT Banten bersama ACT Depok dan dengan pewakif dari muslim & Muslimah Explorer Berbagi melakukan launching Sumur Wakaf yang bertempat Dengan didampingi oleh ketua RT dan RW setempat. Acara ini bisa berlangsung dengan lancar serta dengan protokol kesehatan.

Pembangunan sumur wakaf ini adalah hasil dari kolaborasi komunitas Muslim & Muslimah Explorer Peduli dan juga kolektif publik.

Warga sangat berterimakasih atas adanya sumur wakaf disini karena bisa meringankan biaya pengeluaran untuk membeli air di PDAM terdekat. Peresmian Wakaf sumur ini juga diisi dengan edukasi hidup bersih dan sehat kepada masyarakat setempat yaitu dengan pentingnya MCK yang bersih, biasakan BAB pada tempatnya, dan tata cara cuci tangan pakai sabun yang benar pada anak-anak.

Semoga dengan aksi kolaborasi dari komunitas muslim & Muslimah Explorer Berbagi bisa menginspirasi Sahabat Dermawan lainnya untuk tetap bisa berkontribusi dalam menebarkan setiap kebaikan untuk masyarakat. (*/Raden)