Astra Infra Tol Road Tangerang-Merak Bakal Gunakan MLFF di 2021

113
Foto: Marga Mandalasakti

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Astra Infra Tol Road Tangerang-Merak menargetkan penggunaan teknologi multi lane free flow (MLFF) pada tahun 2021. Dengan sistem MLFF, pengguna tol tak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk menempelkan uang elektroniknya di mesin pembaca.

Manajemen Oprasi dan Pemeliharaan Astra Infra Tol Road Tangerang-Merak Emon Sukarya menuturkan, belum diterapkapkannya sistem MLFF di Jalan Tol Tangerang-Merak karena belum ada keputusan resmi dari pemerintah Provinsi Banten.

“Kita masih tunggu kebijakanya, semoga bisa diterapkan di 2021 mendatang,” kata Emon secara virtual, Senin (16/11).

Selain itu kata Emon, beberapa agenda selama tahun 2020 yang sedang dibangun oleh Astra Infra Tangerang-Merak, penyempurnaan simpang susun Balaraja Timur dengan mengakomodir kendaraan yang berasal dari arah Jakarta.

“Pengerjaannya dengan sistem Overpass Interchange dan metode Launcher Nose Girder, sehingga tidak menggang pengendara lain,” jelasnya.

Masih kata Emon, selama bulan Oktober 2020 jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol Tangerang-Merak relatif stabil, yakni berkisar di angla 140 ribu kendaraan setiap hari.

“Saat libur panjang Maulid Nabi, kenaikannya hanya 0,2 persen yaitu 152 ribu kendaraan, kami prediksi saat tahun baru nanti juga ada kenaikan yang sama tidak terlalu penuh, karena wisata di Banten belum buka sepenuhnya,” pungkas Emon. (ismet)