Kamis, 17 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Tekan Pasokan Dari Luar Daerah, Pemprov dan BI Banten Tanam Bawang Merah di Sawah Luhur Kota Serang

Ismatullah

| Selasa, 15 Oktober 2024

| 09:02 WIB

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Ameriza Ma'ruf Moesa saat mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (14/10/2024). (Foto: Biro Adpim Setda Provinsi Banten)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi Banten bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Banten pada hari ini, Selasa 15 Oktober 2024 akan melaksanakan aksi tanam bawang merah di Sawah Luhur, Kota Serang. Kegiatan tanam bawang ini dalam rangka menekan ketergantungan pasokan bawang merah dari luar daerah.

“Insya Allah besok (hari ini) kita akan ada aksi tanam bawang merah di Sawah Luhur, Kota Serang. Kita bekerjasama dengan Bank Indonesia Banten,” kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (14/10/2024). Rakor dipimpin Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Restuardy Daud.

Virgojanti mengatakan, pengembangan budidaya bawang merah itu untuk memenuhi kebutuhan pasar Provinsi Banten. Pasalnya, beberapa daerah di Provinsi Banten cocok untuk dikembangkan budidaya bawang merah.

BACA: Debat Perdana Pilkada Banten Digelar 16 Oktober di Jakarta, KPU Batasi Tim Paslon 150 Orang

“Petani kita juga bisa membudidayakan bawang merah,” katanya.

Dikatakan, untuk saat ini pasokan bawang merah untuk Provinsi Banten masih aman meski sebagian dipenuhi dari daerah lain.

Dijelaskan, dalam aksi tanam bawang merah itu juga ada sekolah lapang teknis budidaya bawang merah. Dengan adanya sekolah lapang ini diharapkan keterampilan petani meningkat dalam budidaya bawang merah mengurangi ketergantungan pasokan dari daerah lain.

BACA: BI Banten Gelar Sharia Festival Jawara (SHAFARA) & Fesival Rupiah Banten (FERBA) 2024

“Minimal tidak harus dipenuhi dari daerah luar sehingga mengurangi biaya transport. Sehingga bisa menjadi instrumen untuk menjaga stabilitas harga,” jelas Virgojanti.

Dari beberapa uji coba, lanjutnya, petani Provinsi Banten bisa menanam bawang merah sehingga budidaya bawang merah bisa dikembangkan di Provinsi Banten. Uji coba di Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Serang cocok untuk budidaya bawang merah.

“Makanya ini terus kita masifkan yang nantinya bisa menjadi tanaman penyela masa tanam. Seperti di Jawa Tengah begitu tanam padi, bawang merah, padi, bawang merah,” jelas Virgojanti.

Terkait pengendalian inflasi, Virgojanti menjelaskan inflasi Provinsi Banten terkendali di angka 2,03, sembilan komoditas mengalami penurunan. “Masih terkendali, bahkan cenderung menuju ke deflasi,” ucapnya.

Dijelaskan, pemerintah juga menghindari terjadinya deflasi secara terus menerus yang bisa berdampak pada industri dan pertumbuhan ekonomi..

Dalam kesempatan itu, Virgojanti juga imbau kepada tim pengendalian inflasi daerah Kabupaten/Kota untuk terus memantau perkembangan harga dan ketersediaan barang. Menyiapkan berbagai langkah intervensi sebagai langkah preventif.

Editor :Ismatullah

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top