Kamis, 17 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dukung UMKM Lokal, DinkopUKM Kota Cilegon Kunjungi Usaha Rumahan Kukunku 

Admin

| Jumat, 11 Oktober 2024

| 16:54 WIB

Kota Cilegon Kunjungi Usaha Rumahan Kukunku. (Foto: Pemkotcilegon)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Dinas Koperasi dan UKM (DinkopUKM) Kota Cilegon terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan menargetkan kunjungan ke 40 UMKM di Cilegon, termasuk Kukunku, sebuah usaha rumahan yang memproduksi kacang dan rengginang, pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Kepala DinkopUKM Kota Cilegon, Didin S. Maulana, menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memahami secara langsung tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di lapangan.

BACA : 218.681 Wisatawan Kunjungi Kota Cilegon, Ini Destinasi Yang Dituju

“Dengan kunjungan ini, kami ingin melihat dan menilai secara langsung kendala apa yang terjadi, agar kami bisa membantu mencari solusi, serta mempromosikan produk UMKM lebih luas lagi,” ungkap Didin.

Kukunku sendiri adalah usaha yang telah berdiri sejak tahun 2010, didirikan oleh Kurniati dengan fokus pada produk makanan berkualitas. Usaha ini mampu memproduksi rengginang sebanyak 5 kg dan kacang hingga 10 kg dalam tiga kali produksi setiap minggu.

Untuk harga produknya berkisar dari Rp10.000 untuk kacang siap konsumsi seberat 90 gram hingga Rp25.000 untuk 250 gram. Sementara itu, rengginang dijual mulai dari Rp15.000 untuk yang mentah dan Rp18.000 untuk yang sudah matang per bungkus. “Produk kami juga bisa ditemukan di berbagai tempat seperti Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon, pojok UMKM, Toko Edi, dan pusat oleh-oleh lainnya,” ujar Kurniati.

BACA : Festival Desa Wisata Cikolelet 2024 Menjadi Ajang Promosi Budaya Menjaga Kearifan Lokal

Melalui dukungan dari DinkopUKM, Kukunku telah mendapatkan berbagai manfaat, mulai dari pengembangan relasi, pelatihan pengemasan yang baik, hingga sertifikasi halal dan legalitas produk. Selain itu, Kurniati juga telah mengikuti pelatihan proses uji umur simpan produk untuk memastikan kualitas tetap terjaga.

Didin berharap, kunjungan seperti ini dapat membuka pintu kolaborasi yang lebih luas antara pemerintah dan pelaku UMKM agar usaha-usaha seperti Kukunku dapat terus berkembang dan bersaing di pasar yang lebih besar.

Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut mengenai produk Kukunku, masyarakat dapat menghubungi nomor 0877 7109 3233 atau mengunjungi lokasi usahanya di Link. Sumampir Timur, Kota Cilegon.

Editor :Ismatullah

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top