Kamis, 17 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Video Nyawer Uang Di Atas Mobil Bergambar Cagub-Cabup di Pandeglang Jadi Perhatian Bawaslu RI

Ismatullah

| Kamis, 10 Oktober 2024

| 23:16 WIB

Staf Penanganan Pelanggaran Bawaslu Banten, Haer Bustomi. (Foto: Ismatullah/Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu (Bawaslu) Provinsi Banten masih mendalami video viral pria membagi-bagikan uang dari atas mobil hitam yang telah dibranding bergambar calon Bupati dan wakil bupati Pandeglang Raden Dewi Setiani -Iing Andri Supriyadi dan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Andra Soni -Dimyati Natakusumah.

Staf Penanganan Pelanggaran Bawaslu Banten, Haer Bustomi mengatakan, saat ini pihaknya masih mendalami video viral pria yang nyawer uang dari atas mobil yang berlokasi di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang tersebut.

“Saat ini masih dalam tahap penelusuran. Untuk yang menelusuri temen-temen Bawaslu Pandeglang dan Panwascam Cimanuk, karena informasinya itu di wilayah Kecamatan Cimanuk,” ujar Haer saat ditemui wartawan di Kantor Bawaslu Banten, Ciceri, Kota Serang, Kamis 10 Oktober 2024.

BACA: Bawaslu Banten Catat 9 Dugaan Pelanggaran Pilkada

Haer mengatakan, jika video bagi-bagi uang itu diduga terbukti melanggar, maka pihaknya akan segera memanggil pria dalam video tersebut.

Belakangan diketahui, pria berkaos putih dengan topi hitam yang membagi-bagika uang itu merupakan seorang pengusaha lokal yang dikenal warga bernama H. Mu’min.

“Saat ini kami baru mendapatkan informasi awal, sehingga informasi awal itu kami telusuri dahulu. Untuk mendapatkan kebenaran informasi itu. Setalah dinyatakan informasi benar baru itu akan diplenokan di pimpinan,” terang Haer.

BACA: Viral, Pria di Pandeglang Nyawer Uang Gepokan Dari Atas Mobil Bergambar Cagub-Cabup

Tak hanya menjadi perhatian Bawaslu Banten, lanjut Haer, video tersebut juga kini menjadi atensi Bawaslu RI.

“Sudah jadi perhatian Bawaslu RI, pas zoom tadi pagi itu jadi pembahasan,” terangnya.

Disinggung soal progres lebih jauh terkait video viral itu Haer menambahkan, pihaknya saat ini baik dari tim Bawaslu Kabupaten Pandeglang dan Panwascam Cimanuk masih terus melakukan penelusuran.

“Kalau progres belum bisa kami informasikan karena teman-teman itu masih dalam tahap pengumpulan keterangan-keterangan. Masih on progres berjalan. Nanti pasti akan kita kabarkan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, beredar video aksi seorang pria di Kabupaten Pandeglang membagikan uang dari atas mobil membuat heboh warga setempat. Aksi itu sontak viral di media sosial.

Berdasarkan video yang diterima Ekbisbanten.com Rabu (9/10/2024), tampak seorang pria berkaos putih topi hitam membagikan uang kepada masyarakat di jalan raya.

Dalam video itu, Ia menaiki mobil berwarna hitam yang telah dibranding bergambar calon Bupati dan wakil bupati Pandeglang Raden Dewi Setiani -Iing Andri Supriyadi dan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Andra Soni -Dimyati Natakusumah.

Dari informasi yant dihimpun, video berdurasi 1 menit itu diduga pendukung cabup-cawabup Pandeglang dan Cagub-Cawagub Banten nomor urut 2 melakukan aksi sawer dengan gepokan uang ke warga dari atas sunroof.

Pria itu merupakan seorang pengusaha lokal yang dikenal warga bernama H. Mu’min. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Kadu Bungbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang.

Dari video yang beredar luas, pria tersebut beberapa kali mengeluarkan gepokan uang pecahan Rp100 ribu yang dilemparkan ke arah warga. Sontak, sejumlah warga berebut uang yang dibagikan pria berkaos hitam itu.

Menanggapi peristiwa video viral itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Pandeglang Didin Tahajudin mengaku telah mendapat video aksi seorang pria yang membagi-bagikan uang dari atas mobil dengan gambar calon kepala daerah tersebut.

Saat ini, kata dia, Bawaslu Pandeglang telah memerintahkan Panwascam Cimanuk untuk menelusuri video yang diduga kuat masuk dalam pelanggaran politik uang.

Selain itu, Bawaslu pun akan memanggil terduga dalam video tersebut untuk dimintai keterangan dan klarifikasi.

“Sedang ditangani oleh panwascam, penelusuran itu didalammnya termasuk permohonan informasi kepada yang bersangkutan,” katanya.

Sementara saat dikonfirmasi, Juru Bicara pasangan Dewi-Iing Ari Supriyadi membenarkan pria atas mobil tersebut bernama H. Mu’min. Namun Ari membantah jika yang bersangkutan masuk bagian dari tim pemenangan Dewi-Iing.

“Dia bukan siapa-siapanya tim pemenangan Dewi-Iing. Adapun membranding mobilnya, mungkin saja orang itu mengidolakan Dewi-Iing,” katanya.

Dikatakan Ari, pembagian uang kepada warga dilakukan Mu’min bukan pada saat kegiatan kampanye, tetapi dilakukan saat perayaan maulid nabi.

“Kata dia itu di acara pada maulid nabi, kan ada video tahun sebelumnya, tahun lalu juga sama dia nyawer di kampung halamannya di Cimanuk,” katanya.***

Editor :Ismatullah

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top