Jumat, 18 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Satpol PP Yadi Suryadi Gugur Tugas saat Amankan Demo, Bonnie Triyana Minta Polisi Tangkap Pelakunya

Budiman

| Rabu, 9 Oktober 2024

| 21:49 WIB

Anggota DPR RI PDIP Bonnie Triyana. Foto: PDIP/Facebook.com.

EKBISBANTEN.COM-Anggota DPR RI Bonnie Triyana meminta pihak kepolisian menangkap pelaku dan dalang dibalik gugurnya Anggota Satpol PP Kabupaten Lebak Yadi Suryadi. Almarhum diketahui gugur dalam menjalankan tugas mengamankan demo pada 23 September 2024 lalu.

“Meninggalnya Yadi akibat tindakan vandalis dan kekerasan massa menguji kepolisian untuk sejauh mana mampu menegakkan hukum, mengungkap dalang dan pelakunya, serta menyeret mereka ke hadapan hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya”
ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 9 Oktober 2024.

Dalam klip video yang tersiar di media sosial, Yadi gugur akibat menahan pintu gerbang DPRD Lebak yang didorong-dorong oleh puluhan massa.

Aksi tersebut menyebabkan pintu gerbang roboh dan menimpa tubuhnya, sehingga almarhum mengalami kelumpuhan permanen dan berujung pada kematiannya hari ini.

Untuk para pendemo, Bonnie tak melarang mereka untuk menyampaikan aspirasinya. Hanya saja dalam menyampaikan pendapat perlu kesantunan dan tak boleh diwarnai oleh aksi kekerasan yang berujung anarkis.

“Demokrasi memberikan ruang yang luas untuk warga menyampaikan aspirasinya. Namun penyampaian aspirasi yang disertai aksi-aksi vandalis, kekerasan, apalagi didorong oleh motif elitis, tidaklah elok dan berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Dalam kejadian naas ini, Ia menilai kematian Yadi bukanlah disebabkan karena kecelakaan, bukan juga karena insiden belaka. Meninggalnya Yadi telah masuk tindak pidana.

“Ini adalah tindak pidana yang menyebabkan hilangnya nyawa seorang anak manusia, seorang ayah dan suami. Untuk itu saya meminta kepolisian untuk bertindak cepat menyelesaikan persoalan ini,” beber Politisi PDIP itu.

Atas kejadian ini, ia menyampaikan duka yang mendalam serta mendoakan agar keluarga almarhum Yadi diberi kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi cobaan berat ini.

“Saya menyampaikan rasa duka yang teramat mendalam atas wafatnya Yadi Suryadi yang bertugas mengamankan demonstrasi massa pada 23 September lalu di depan gedung DPRD Lebak,” ujar pria pemerhati sejarah itu.

“Semoga Allah SWT mengampuni dosa almarhum yang wafat dalam tugasnya dan menempatkan almarhum di sisi Allah SWT. Amin ya robbal alamin,” tutupnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top