Minggu, 29 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Realisasi Program Salira, Pokmas Kebon Dalem Bangun Jalan Lingkungan Yang Becek

Admin

| Jumat, 27 September 2024

| 10:48 WIB

Bangun Jalan Lingkungan Yang Becek. (Foto: Pemkotcilegon)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Kelurahan Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta bersama Kelompok Masyarakat (Pokmas) merealisasikan Program Sarana Prasarana Lingkungan Rukun Warga (Salira) melalui Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPw Kel) dengan membangun sejumlah fasilitas umum, termasuk diantaranya jalan lingkungan yang sebelumnya becek dan sulit dilalui. Program pembangunan jalan lingkungan dilakukan dengan menggunakan paving block. 

Ketua Pokmas Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta, Ngadiran mengatakan, realisasi program Salira tahap kedua tersebut digunakan untuk sejumlah pembangunan fasilitas umum diantaranya paving block jalan lingkungan, pembangunan drainase, pos ronda, pagar makam, Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan Penerangan Jalan Umum (PJU). “Ada 11 titik pekerjaan, yakni pembangunan jalan paving block 3 titik, drainase 3 titik, PJU 10 titik, Rutilahu 1 titik, Pos Ronda 2 titik dan pembangunan pagar makam 1 titik dengan total anggaran Rp 363 Juta,” kata Ngadiran ditemui disela Proses Sertifikasi atau Opname Hasil Pekerjaan oleh Tim Pendukung Program Salira di Kelurahan Kebon Dalem, Kamis 26 September 2024. 

Menurut Ngadiran, dari 11 titik pekerjaan tersebut, pembangunan jalan lingkungan menjadi skala perioritas. Sebab, jalan lingkungan dikawasan Deringo tersebut masih kerap becek dan sulit untuk dilalui. “Harapan saya, setelah dibangun jalan paving block tersebut kedepan tidak ada lagi jalan yang becek di wilayah Kebon Dalam. Setelah dibangun oleh Pokmas, maka masyarakat wajib menjaga dan merawatnya, sehingga jalan tersebut awet dan tahan lama,” tuturnya. 

BACA : Masuki Hari Keempat, Satgas TMMD ke-115 Kodim 0602/Serang Laksanakan Pengecoran Jalan

Sementara itu, Tim Pendukung Program Salira, Eni Nurahmanti menjelaskan, pekerjaan yang dilakukan oleh Pokmas Kebon Dalem tersebut sudah sesuai dengan Peunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Tekhnis (Juknis) sebagaimana aturan yang berlaku. “Nilai swadayanya juga cukup juga tinggi,” jelasnya. 

Tampak hadir dalam proses sertifikasi tersebut, Camat Purwakarta, Suadilah, Lurah Kebon Dalem, Baety Tety Sugiharti, Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Kecamatan, Kelurahan, RT RW dan pengurus Pokmas Kelurahan Kebon Dalem.

Editor :Ismatullah

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top