Minggu, 22 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Andra Soni Sampaikan Program Sekolah Gratis di Hadapan Petinggi Muhammadiyah Banten

Irfan Fahrulroji Suparlin

| Minggu, 22 September 2024

| 15:32 WIB

Dialog Publik yang di selenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah. Foto : Tim Media Andra Soni

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM – Jelang Pemilihan Gubernur Banten 2024, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Banten menggelar Dialog Publik bersama bakal calon Gubernur Banten, Andra Soni di Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin, Jl. KH, Shyach Nawawi, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Sabtu, (21/9/2024).

Dialog tersebut dilakukan untuk menguji secara terbuka ke terkait gagasan, visi-misi dan program kerja Andra Soni sebagai bakal calon Gubernur Banten. Turut hadir Rektor Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin, Jaka Suprianta, Ketua PWM Banten, M. Syamsuddin, Ketua PWPM Banten Rifki Hermansyah, dan petinggi Muhamadiyah yang hadir dalam dialog tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, bakal calon Gubernur Banten Andra Soni menyampaikan gagasan tentang Provinsi Banten ke depan jika dipimpinnya. Andra memiliki visi Banten maju, adil merata tidak korupsi, dengan lima misi.

BACA : Andra Soni Janjikan Sekolah Gratis ke Puluhan Ribu Warga Tangerang

Misi pertamanya yakni memperkokoh iman dan takwa melalui penguatan ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia melalui pendidikan anti korupsi serta moralitas etik yang luhur.

Kedua, mendorong pertumbuhan ekonomi yang maju, adil dan merata di Provinsi Banten dengan meningkatkan PAD melalui penguatan pemerintahan tidak korupsi, industrialisasi dan investasi, mendorong kewirausahaan, dan mengembangkan industri kreatif dan pariwisata.

Ketiga, meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan, teknologi, kesehatan, serta penguatan peran perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas di Provinsi Banten melalui program-program inovatif dan inklusif.

Keempat, mewujudkan pemerataan pembangunan perkotaan dan perdesaan yang adil, manusiawi, kompak, berorientasi transit dan berketahanan, serta terintegrasi dengan pembangunan wilayahsekitar melalui kepastian penyelenggaraan tata ruang yang berkeadilan tampa disparitas.

Kelima, membangun kemandirian energi dan mengelola sumber daya alam dengan cara yang holistik serta berkelanjutan.

Lima misi Andra Soni-Dimyati Natakusumah ini diketahui terdiri dari 8 program utama dan 24 program turunan. Di antara program-programnya itu adalah sekolah gratis SMA/SMK dan MA baik negeri maupun swasta.

Untuk itu, fokusnya ke depan adalah meningkatkan sumber daya manusia anak-anak Banten, dengan cara investasi di bidang pendidikan. Ia meyakini, program tersebut akan berjalan mulus, dengan tidak adanya korupsi.

“Maju adalah tujuan kita, gak pernah orang tujuannya mundur. Tapi yang terjadi hari ini kemajuan belum adil dan merata. IPM (Indeks Pembangunan Manusia) rata-rata di atas nasional. Tapi karena tidak merata, masih ada di kabupaten/kota lain yang IPM-nya masih di bawah 7,” ujar Andra.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Banten ini menegaskan komitmennya jika nanti terpilih menjadi Gubernur Banten, yakni tidak akan melakukan korupsi. Sebab korupsi kata Andra, akan menyengsarakan masyarakat.

Gagasan Andra Soni ini diterima para peserta dialog publik. Bahkan, gagasannya dengan investasi di bidang pendidikan mendapat respon positif, dan diharapkan dapat dilaksanakan jika nanti terpilih menjadi Gubernur Banten.

Usai dialog publik, Andra Soni menyerahkan dokumen visi-misinya kepada PWM Banten, yang dibalas pemberian buku kepadanya dengan judul sejarah Muhammasiyah Provinsi Banten karangan Saidun Derani, Zakaria Syafei, Djasuro Surya DLL. ***

Editor :Ismatullah

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top