Jumat, 18 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Puskesmas Cilegon Screening Kebugaran Aparatur Kelurahan Ketileng

Admin

| Jumat, 12 Juli 2024

| 14:30 WIB

Puskesmas Cilegon Screening Kebugaran Aparatur Kelurahan Ketileng (Foto: Dok. Pemkot Cilegon)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cilegon melakukan pemeriksaan rutin atau screening terhadap kebugaran para aparatur dilingkungan Kelurahan Ketileng, Kecamatan Cilegon, Jumat 12 Juli 2024. Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mengetahui kondisi kesehatan aparatur pemerintah dalam rangka menunjang kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini (Screening kebugaran-red) program rutin Puskesmas. Kami melakukan pemeriksaan kebugaran setidak-tidaknya satu tahun sekali kepada para pegawai di instansi pemerintah, seperti Puskesmas, kecamatan dan kelurahan,” kata Kepala Puskesmas Cilegon, drg Sefi Saeful Holiq.

Menurut Sefi, pemeriksaan kebugaran itu dilakukan sebagai langkah untuk melihat kondisi kesehatan secara berkala sebagai alur prospek kinerja para pegawai. Proses pemeriksaannya dilakukan melalui tes berlari sejauh 1,6 kilometer. “Dari hasil pemeriksaan ini akan tampak, apakah kebugaran kita masih baik atau tidak. Kita juga perlu melihat prospek kinerja para pegawai. Atas dasar itu, hasil pemeriksaan ini kami sampaikan kepada yang bersangkutan dan pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” tuturnya.

Dalam hal ini, Sefi menyarankan agar seluruh aparatur dapat terus menjaga pola hidup yang sehat dan rutin melakukan olahraga sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh agar tetap baik. “Kita harus bisa mencegah dan menghindari tindakan yang merugikan kesehatan dengan olahraga rutin dan menerapkan pola hidup yang baik,” ungkapnya. 

Sementara itu, Lurah Ketileng, Kecamatan Cilegon, Hilman Setiaji menyampaikan terimakasih atas pemeriksaan atau screening kebugaran yang dilakukan Puskesmas Cilegon. “Kami telah melalui screening kebugaran melalui senam, lari sejauh 1,6 kilometer, tes tensi darah, tes kadar gula, tinggi badan dan berat badan,” ungkapnya. 

Melalui screening kebugaran tersebut, Hilman mengaku, pihaknya bisa mengetahui kondisi kesehatan, sehingga terpacu untuk lebih menjaga kesehatan dan kebugaran. Hal itu dilakukan dalam rangka menunjang kinerja sebagai abdi dan pelayan masyarakat. “Kami diperintahkan oleh pak wali kota (Helldy Agustian-red) untuk prima dalam melayani masyarakat, yakni pelayanan yang tuntas, senang, penuh cinta, sabar dan ikhlas,” akunya. 

Atas dasar itu, Hilman juga menyampaikan terimakasih kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian atas realisasi program Universal health Coverage (UHC) yang telah berjalan dengan sangat baik. “Kami juga berterimakasih kepada Dinkes (Dinas Kesehatan) yang konsen dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kami berharap, kedepan screening kebugaran ini bisa dilakukan setiap semester agar kesehatan kita terkontrol. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, baik jasmani maupun rohani,” katanya. (*)

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top