Kamis, 19 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

H-3 Lebaran, Lalu Lintas di Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Berangsur Normal

Esih Yuliasari

| Senin, 8 April 2024

| 19:00 WIB

Kendaraan keluar masuk gerbang tol Merak. Foto: Dokumentasi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak.

EKBISBANTEN.COM – Astra Infra Toll Road mencatat sebanyak 127.406 kendaraan melintas di jalan tol Tangerang-Merak pada Minggu (7/4/2024).

Untuk itu, Astra Infra melalui Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar mengapresiasi koordinasi dari seluruh stakeholders dalam mengupayakan kelancaran lalu lintas.

“Terutama penanganan kepadatan di Pelabuhan Merak sehingga kepadatan di jalan tol pun telah terurai,” katanya.

Di ruas Tol Tangerang–Merak, pada 7 April 2024, masih terjadi antrean kendaraan yang menuju ke arah Pelabuhan Merak hingga KM 87 atau sepanjang 9 km yang kemudian berangsur menyusut melalui dilakukannya berbagai tindakan untuk mengurai kepadatan.

Billy menjelaskan, upaya yang dilakukan Astra Infra di antaranya, berkoordinasi dengan Kepolisian secara intensif untuk memperlambat (delaying) laju kendaraan yang menuju ke arah Merak, kolaborasi publikasi kondisi lalu lintas di berbagai platform, serta upaya penanggulangan lainnya bersama stakeholders.

Hingga berita ini disampaikan, antrean sudah berhasil terurai sehingga lalu lintas di seluruh ruas Tol Tangerang–Merak pun terpantau kembali lancar.

Lebih lanjut, Billy menuturkan Astra Infra senantiasa mengimbau pengguna jalan untuk tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.

“Pengguna jalan juga kami imbau untuk tidak beristirahat di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat karena berbahaya. Bagi yang ingin beristirahat, dapat mengunjungi rest area terdekat dengan maksimal durasi selama 30 menit untuk mencegah kepadatan di rest area,” ujarnya.

Jika rest area penuh, lanjut Billy, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat dan fasilitas yang tersedia di luar jalan tol. Setelah beristirahat, pengguna jalan dapat kembali masuk kejalan tol tanpa dikenakan tarif total tol tambahan.

Astra Infra pun kembali mengimbau bagi para pemudik yang akan menyeberang untuk tidak berangkat sebelum memiliki tiket untuk mencegah kepadatan di pelabuhan dan di jalan tol.

Selain itu, pemudik juga diimbau untuk dapat merencanakan kembali jadwal kepulangan dan segera melakukan pemesanan tiket di aplikasi atau website Ferizy ssuai tanggal yang tersedia.

“Dengan mematuhi aturan dan imbauan yang diberikan, diharapkan momen lebaran tahun ini dapat berlangsung aman, nyaman, menyenangkan dan penuh makna,” pungkas Billy.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top