Selasa, 24 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ganjar-Mahfud MD Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Buka 17 Ribu Lapangan Kerja

Budiman

| Jumat, 12 Januari 2024

| 09:00 WIB

Capres Ganjar Pranowo usai Dialog ekonomi bersama ketiga capres yang diadakan kolaborasi Kadin Indonesia di Ballroom Jakarta Theater, Kamis (11/1/2024). Foto: Dokumentasi Kadin

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM-Pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo – Mahfud MD mengusung 21 program dan menargetkan pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen serta pembukaan 17 ribu lapangan pekerjaan.

Sedangkan untuk program ketahanan pangan, pasangan ini bakal memprogramkan modernisasi pertanian, pengembangan industri kesehatan. Langkah tersebut, di antaranya melalui peningkatan anggaran riset dan inovasi (R&D) hingga 1 persen dari APBN.

Langkah lainnya melalui hilirisasi industri, meningkatkan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas serta pembangunan yang berkelanjutan melalui upaya-upaya pengurangan emisi karbon dengan memanfaatkan energi ramah lingkungan.

“Untuk UMKM ini, ada tiga hal yang perlu dilakukan. Pertama, para UMKM itu harus tahu dulu produk apa yang menjadi unggulan. Setelah product knowledge itu dikuasai, pemerintah nanti akan memberikan assessment. Di sinilah nanti pemerintah akan memberikan pelatihan,” ujarnya, dikutip dari rilis Kadin Indonesia, Kamis (11/1/2023). 

“Setelah UMKM mulai, kemudian juga pemerintah akan membantu membuka akses agar UMKM bisa mendapatkan pembiayaan dengan bunga yang rendah. Ketiga, setelah UMKM ini naik kelasnya, kita kasih pendampingan sehingga dia bisa memasarkan produknya tidak hanya di dalam negeri,” sambung Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengatakan dunia usaha, terkait dengan sinergi BUMN dan swasta yang saat ini belum optimal, bahkan terkesan bersaing. 

Menurutnya, BUMN itu pada dasarnya tidak melulu bicara laba, tetapi menjadi pionir dalam sektor-sektor yang belum berkembang. Apabila sektor tersebut kemudian mulai tumbuh, maka sepatutnya dipercayakan untuk melibatkan swasta untuk pengembangan selanjutnya.

“Jadi, kalau ada BUMN yang punya turunan bukan hanya anak usaha, tetapi juga cucu bahkan cicit perusahaan dan bersaing dengan swasta, ini yang harus diperbaiki,” paparnya.     

Kemudian soal lingkungan, peralihan ke energi bersih, Ganjar menjelaskan peralihan ini perlu dilakukan, namun sebaiknya dilakukan secara bertahap. Menurutnya, masih ada potensi-potensi energi di dalam negeri yang saat ini bisa dimanfaatkan lebih optimal, seperti energi panas bumi (Geothermal). Untuk, mempercepat peralihan ini, ia bakal mendorong kerja sama dengan negara lain.

“Di Laut Cina Selatan, blok Alpha Delta di atas laut natuna, saya sampaikan besok itu dieksploitasi. Karena, satu, kita dapat gasnya, dua, geopolitiknya kita menguasai, tiga itu lapisan pertahanannya akan kita bikin di sana. Jadi dapat tiga-tiganya dan menyerap tenaga kerja,” pungkas Ganjar.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top