Senin, 23 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

PHRI Banten Inisiasi Kerja Sama dengan UT, Kombinasikan Pariwisata dan Pendidikan

Budiman

| Kamis, 14 Desember 2023

| 12:00 WIB

Ketua PHRI Provinsi Banten Gs Ashok Kumar (Kacamata Hitam) berfoto bersama dengan Universitas Terbuka usai MoU di Jakarta. Foto: UT

EKBISBANTEN.COM-Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten menginisiasi kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) lewat Nota Kesepahaman atau MoU pada Senin, (11/12). 

Kerja sama yang dilaksanakan di Hotel Sahid Jakarta itu, mencakup implementasi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal itu dilakukan sebagai langkah strategis untuk mendekatkan bidang akademik Prodi S1 Pariwisata UT dengan dunia usaha dan Industri. 

Dampak positif atas perjanjian itu, mahasiswa S1 Pariwisata bisa  praktik dan pemagangan langsung di hotel-hotel atau restoran-restoran lewat PHRI. Nantinya, UT bersama PHRI dapat melakukan perluasan dan pengembangan pariwisata, khususnya bidang perhotelan dan restoran seluruh Indonesia. 

“UT kita bantu, sekarang sambil kerja bisa kuliah juga. Kemarin saya MoU (PHRI-red) pusat karena pemrakarsanya saya, saya harus hadir, yang di pusat udah masuk, tinggal perjanjian kerja sama minggu depan sama UT Serang,” kata Ketua PHRI Provinsi Banten Gs Ashok Kumar saat dihubungi, Rabu (13/12/2023). 

Adapun, rincian kerja sama dalam hal pelaksanaan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh berupa pengajaran, seminar, workshop, tutorial tatap muka atau daring. Kemudian penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat industri perhotelan, restoran, dan pariwisata. 

Lalu pemberdayaan bersama Sumber Daya Manusia (SDM), terutama untuk kegiatan pengajaran, pengembangan sentra-sentra layanan UT di lingkungan industri perhotelan, restoran, dan pariwisata. Terakhir kegiatan sosialisasi, promosi, dan rekrutmen calon mahasiswa UT di lingkungan masyarakat industri perhotelan, restoran, dan pariwisata.

Untuk yang terakhir, kata Ashok, merupakan timbal balik dari kerja sama antara PHRI dan UT. PHRI ingin para pekerja yang bergelut di bidang hotel dan pariwisata dapat menempuh pendidikan yang tinggi. Hal itu dilakukan agar SDM untuk sektor pariwisata khususnya hotel dan restoran dapat lebih unggul. 

“PHRI Banten dorong anggota memajukan perhotelan, SDMnya  itu yang SMA kita dorong. Contoh kaya Aston kepala bagiannya harus S1 itu sambil kerja ga menggangu kerja kan pake pakai HP belajarnya,” tukas Ashok yang juga menjabat  Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Perkumpulan Urang Banten (PUB) Pusat.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top