Senin, 23 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

XL Future Leader Ciptakan Inovasi Digital 6 Sektor 

Budiman

| Selasa, 12 Desember 2023

| 20:04 WIB

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir (ketiga dari kanan), Facilitator Program XLFL, Dwi Kartika Sari (ketiga dari kiri), bersama perwakilan awardee angkatan ke-10, pada National Conference XLFL 2023 di XL Axiata Tower, Jakarta, Minggu (10/12). Foto: XL Axiata

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – XL Axiata Future Leaders (XLFL) 2023 kembali menggelar National Conference 2023. Dalam rangkaian kiprah 10 tahun XLFL itu, terdapat 16 proyek berbasis Internet of Things (IoT) yang dikembangkan dan menjawab kebutuhan digitalisasi pada 6 sektor. Keenam sektor tersebut ialah agrikultur, smart city, manufaktur, pertanian dan perikanan, utilitas dan energi, serta kesehatan.  

XLFL sendiri merupakan program dari XL Axiata yang befokus untuk memberikan pelatihan soft-skill intensif kepada mahasiswa terpilih. Program ini dirancang untuk membekali anak muda Indonesia untuk mampu dan siap bersaing secara global. 

Dalam acara National Conference 2023 yang digelar di XL Axiata Tower pada Jumat-Minggu, 8-10 Desember 2023 itu pula, para  mahasiswa penerima manfaat atau awardee menampilkan solusi digital berbasis paduan antara Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang dipersiapkan sebagai use case di era 5G mendatang. Proyek ini sekaligus menjadi bagian dari syarat kelulusan para awardee.    

Kali ini, sebanyak 190 awardee yang telah menyelesaikan program XLFL angkatan ke-10 selama dua tahun penuh, telah diwisuda di Jakarta, Minggu (10/12).

Program ini juga telah melahirkan sekitar 75 social innovation project yang diprakarsai oleh para penerima manfaat berdasarkan permasalahan sosial dari waktu ke waktu.      

Lulusan angkatan ke-10 ini berasal dari berbagai kampus yang berada di 6 provinsi, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan lain sebagainya.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan bangga atas pencapaian XLFL yang telah mengajar 1.500 mahasiswa. 

“Saya bangga atas pencapaian XLFL yang telah mengajar 1.500 mahasiswa, para calon pemimpin masa depan Indonesia, dengan total pendaftar lebih dari 174.000 mahasiswa dalam 10 tahun. Program XLFL yang telah dimulai sejak 2012 tersebut, tahun ini telah berakhir,” ujarnya. 

“Meskipun demikian, komitmen XL Axiata untuk terus mendukung dunia pendidikan akan kami lanjutkan. Selanjutnya, XL Axiata akan lebih berfokus program pemberdayaan perempuan, yaitu Sisternet,” pungkasnya. 

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top