Minggu, 8 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Diprediksi Meningkat saat Nataru, Dishub Banten Persiapkan Langkah Antisipasi Kemacetan 

Budiman

| Jumat, 8 Desember 2023

| 11:00 WIB

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo usai Diskusi Kamisan di Sekretariat Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten di Plaza Aspirasi, KP3B Curug, Kota Serang Kamis (7/12/2023).Foto: Budiman/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo tengah mempersiapkan  beberapa langkah untuk antisipasi kemacetan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Langkah tersebut berupa koordinasi dan persiapan, mulai dari pembatasan angkutan truk besar dan sumbu tiga yang melewati jalan nasional maupun tol, hingga kendaraan yang akan melakukan penyebrangan melalui Pelabuhan Merak.

“Itu akan diterapkan pada tanggal 24-25 Desember 2023. Serta pada arus baliknya,” katanya dalam Diskusi Kamisan yang berlangsung di Sekretariat Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten di Plaza Aspirasi, KP3B Curug, Kota Serang Kamis (7/12/2023).

Untuk memastikan perjalanan penumpang moment Nataru berjalan dengan baik, lanjut Tri, pihak ASDP Merak juga akan menutup akses pemesanan tiket, serta akan melakukan penyetopan pada jenis-jenis kendaraan. 

“Kita sudah siapkan 18 posko dengan 180 personil yang akan mobile di lapangan, bergantian, termasuk untuk posko di titik-titik tempat keramaian wisatawan,” ujarnya. 

Tri juga mengungkapkan untuk jalur wisata, baik wisata Anyer-Carita-Labuan dan wisata Banten selatan. Pihaknya akan melakukan pemantauan dan menyiapkan petugas disejumlah titik yang berpotensi timbulkan kemacetan.

“Seperti untuk jalur wisata Anyer, kita juga akan mengalihkan kepada jalur alternatif melalui rute Gunung Sari maupun rute Ciomas,” imbuhnya.

Sementara, Plt Kepala Biro Adpimpro Setda Provinsi Banten Beni Ismail menyampaikan Pemprov Banten terus mempersiapkan langkah-langkah dalam menyambut libur Nataru, mulai dari mengantisipasi kepadatan kendaraan hingga memastikan ketersedian sejumlah komoditi pangan.

“Pj Gubernur selalu mengarahkan OPD terkait untuk menyiapkan beberapa hal dalam menyambut libur Nataru, dan Pemprov Banten juga terus melakukan koordinasi dengan Forkopimda Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten/Kota stakeholder terkait,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten A Jazuli Abdillah mengatakan pada momentum libur Nataru terdapat 3 hal yang harus menjadi perhatian dari pemerintah, yakni pergerakan kendaraan, barang maupun pergerakan manusia.

Oleh karena itu, dirinya berharap Pemprov Banten dapat menyiapkan sebuah skema untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Saya kira libur Nataru ini membutuhkan kolaborasi semua pihak, baik itu Pemprov Banten bersama Forkopimda serta stakeholder terlait,” pungkasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top