Minggu, 22 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Museum Pusaka Banten Dapat Dukungan dari Federasi Pencak Silat Belanda 

Budiman

| Sabtu, 28 Oktober 2023

| 07:00 WIB

Para rombongan yang mendampingi Federasi Pencak Silat Belanda saat sesi foto bersama Pengurus Museum Pusaka Banten, Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Jumat (27/10/23). Foto: Museum Pusaka Banten

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Museum Pusaka Banten mendapat dukungan dari Nederland Pencak Silat Federasi (NPSF) atau Federasi Pencak Silat Belanda. Dukungan tersebut berupa seni, budaya dan koleksi Museum Pusaka seperti Golok Banten bisa lebih dikenal di kancah Internasional. 

“Akan saya bantu di manapun memperkenalkan seni dan golok di kancah internasional”, ujar Ketua NPSF Mr. Oliver Blancquaert di Museum Pusaka Banten, Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Jumat (27/10/23). 

Dalam kunjungannya, Oliver juga menyatakan kekaguman dan  ketertarikannya mempelajari seni budaya Banten lebih dalam. 

“Saya sangat berterima kasih dari federasi Belanda, bagus sekali ini mempertahankan dari nenek moyang yang diwariskan kepada generasi penerus,” ucapnya. 

“Tahun depan kita akan berkolaborasi dan mengundang rombongan Banten ke Belanda dalam acara tong tong fair,” sambungnya.

BACA: Federasi Pencak Silat Belanda Kunjungi Museum Pusaka Banten

Adapun, NPSF berkunjung ke Museum Pusaka Banten didampingi oleh Dirtahti Polda Banten AKBP Agus Rasyid, Plt Kepala Bidang Industri Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Banten Rohendi. 

Merespon itu, AKBP Agus Rasyid menyambut baik kerjasama dengan Belanda. 

“Tujuan rombongan datang ke Provinsi Banten untuk lebih mengenal seni dan budaya Banten, yang pertama tentang pencak silat, yang kedua tentang rangkaian proses golok Banten yang saat ini menuju UNESCO diakui dunia,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Museum Pusaka Banten Ratu Anita Sangadiah Kusuma Dewi, saat kedatangan rombongan juga menyerahkan cinderamata berupa golok khas. 

Ratu Langit sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Museum Pusaka Banten merupakan wadah bagi penggiat dan pelestari seni budaya. Ia mengajak kepada generasi muda agar lebih mencintai seni dan budaya peninggalan leluhur. 

“Kami bersama pewaris pusaka secara kolektif mengumpulkan benda-benda pusaka yang memiliki nilai luhur agar terjaga marwahnya, ini menjadi perekat tali silaturahmi silahkan yang mau berkunjung,”pungkasnya. 

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top