Sabtu, 21 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Maung 2023-2024, Ini Kata Kapolresta Serang Kota

Esih Yuliasari

| Selasa, 17 Oktober 2023

| 09:00 WIB

Kapolresta Serang Kota
Kapolresta Serang Kota, Kombes Pol Sofwan Hermanto saat memeriksa pasukan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Maung 2023-2024. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Polresta Serang Kota melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Maung 2023-2024 di Lapangan Hijau Polresta Serang Kota pada Selasa (17/10).

Apel gelar pasukan itu dalam rangka pemeriksaan akhir kesiapan personel, alat serta sarana dan prasaran yang digunakan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Hukum Polresta Serang Kota.

Membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolresta Serang Kota, Kombes Pol. Sofwan Hermanto mengungkapkan Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi di Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Melihat pentingnya hal, tersebut maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi guna menyukseskan Pemilu 2024.

“Terlebih lagi Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena diselenggarakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas secara geografis, dan melibatkan jumlah pemilih yang cukup besar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolresta Serang Kota menjelaskan operasi Mantap Brata Maung 2023 ini akan dilaksanakan selama 222 hari sejak 17 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024.

“Adapun total jumlah personel yang terlibat di wilayah Hukum Polresta Serang Kota adalah sebanyak 448 personel,” katanya.

Kombes Pol Sofwan menuturkan fokus pada Pemilu 2024 ini tentunya titik-titik rawan dan money politics.

“Untuk titik kerawanan tentunya bisa berubah-ubah. Belum tentu daerah yang tahun 2019 rawan, saat ini masih rawan. Karena itu kami bersama stakeholder terkait sudah memetakan potensi-potensi rawan dari rangkaian tahapan-tahapan Pemilu yang telah di lalui sejak bulan Juli 2022,” jelasnya.

Kalau berdasarkan data dari Bawaslu, lanjutnya, kerawanan yang pernah muncul di tahun 2019 itu pernah terjadi pemungutan suara ulang (PSU).

“Tentunya ini langkah-langkah kita untuk memberikan asistensi dan pendampingan kepada para petugas pada saat pemungutan suara. Supaya pada Pemilu 2024 nanti tidak timbul lagi pemungutan suara ulang,” tuturnya.

Kapolresta Serang Kota berharap, dalam mengamankan Pemilu 2024, seluruh komponen masyarakat dapat berpartisipasi dan berkontribusi.

“Karena keamanan ini bukan hanya menjadi tanggungjawab kepolisian. Tapi tanggungjawab bersama. Sehingga kami berharap partisipasi demi pemilu yang aman, lancar, dan damai,” tandasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top