Jumat, 20 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Gmail menambahkan reaksi emoji ke Slack-ify email Anda

Mahyadi Restu Gibran

| Rabu, 11 Oktober 2023

| 09:30 WIB

Emoticon terbaru email

EKBISBANTEN.COM – Gmail secara resmi memperkenalkan reaksi emoji untuk memungkinkan pengguna mengekspresikan diri mereka dengan cepat dan menghemat waktu saat mengirim email ke teman atau kolega.

Fitur ini pertama kali ditemukan pada bulan September dan akan diluncurkan ke semua pengguna Gmail pada bulan Oktober 2023, tersedia di perangkat seluler dan desktop.

Pengguna dapat memilih dari pilihan emoji akses cepat atau memperluas daftar lengkap, dan penerima akan melihat reaksi yang dihamparkan pada pesan mereka atau menerima deskripsi berbasis teks jika menggunakan layanan email yang berbeda.

Log perubahan Gmail yang sedang berjalan sangat mengesankan akhir-akhir ini. Baru-baru ini, kami menyadari niat layanan email untuk meningkatkan keamanan bagi penggunanya dengan menghapus email berisi spam pada tahun 2024.

Selain merancang ranah yang aman, layanan ini kini memastikan Anda tidak bosan saat mengirim email ke teman atau kolega. Google tahu bahwa mengekspresikan diri Anda dengan kata-kata membutuhkan waktu dan usaha yang tidak selalu Anda miliki, jadi dalam sebuah langkah yang terinspirasi oleh platform perpesanan terbaik , Gmail membantu Anda menyingkat beberapa pesan menjadi reaksi emoji.

Kami mendapat kabar tentang reaksi emoji Gmail yang akan datang pada awal September . Saat itu, petunjuk pertama kode untuk fungsi reaksi emoji ditemukan dalam pembongkaran yang dilakukan pada aplikasi iOS dan Android, meskipun tidak banyak yang diketahui tentang cara kerja fitur tersebut. Namun, pengembangannya berjalan cepat karena orang-orang baru dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan root beberapa minggu kemudian.

Menurut Google, reaksi emoji Gmail siap diluncurkan pada Oktober 2023. Peluncuran ini berlaku untuk semua pengguna Gmail, termasuk seluler dan desktop, dan diperkirakan akan tersedia secara luas “dalam beberapa minggu mendatang”. Setelah tersedia, Anda dapat bereaksi terhadap pengingat janji temu dengan emoji berlari jika Anda sedang dalam perjalanan, emoji mata berkaca-kaca untuk pesan yang menyentuh Anda, atau sekadar emoji jempol untuk sesuatu yang ingin Anda setujui atau akui. tanpa menuliskan tanggapan lengkap.

Pengguna akun pribadi akan melihat tombol wajah tersenyum di bagian bawah pesan mereka, yang membawa menu emoji. Ketuk atau klik ikon ini untuk memilih dari beberapa emoji akses cepat, atau klik tombol plus di menu yang muncul untuk memilih dari daftar lengkap emoji. Di sisi lain, orang yang mengirim email akan melihat reaksi emoji yang dihamparkan di pesannya jika mereka menggunakan Gmail, atau mereka akan mendapatkan deskripsi reaksi berbasis teks jika mereka menggunakan layanan email lain.

Meskipun mungkin tampak tidak perlu atau berantakan, fitur baru ini dapat membuat email terasa lebih seperti platform media sosial . Reaksi emoji bahkan akan diaktifkan untuk email grup, memungkinkan Anda bereaksi terhadap email grup dan melihat siapa, khususnya, yang bereaksi terhadap pesan grup Anda. Mengikuti tradisi media sosial, Anda tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk sesuatu yang dapat Anda klik sekali dan menyampaikan pesan yang sama.

Google juga menjelaskan bahwa pengguna memiliki waktu hingga 30 detik untuk mengubah atau menghapus reaksi emoji mereka setelah mengirim. Ini mungkin merupakan perubahan berbasis akun di mana Google menekan tombol sisi server untuk mengaktifkannya, namun memastikan Anda menggunakan versi Gmail terbaru dapat membantu mempercepatnya. Belum ada informasi apakah fitur ini akan tersedia bagi pemegang akun Google Workspace, namun tampaknya fitur ini terbatas pada akun Gmail pribadi untuk saat ini.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top