Jumat, 20 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profil Rumah Berdaya Cilegon, Lembaga Inkubator Bisnis Bersertifikat Kementerian Koperasi dan UMKM

Maulana Abdul Haq

| Kamis, 24 Agustus 2023

| 10:13 WIB

Rumah Berdaya Cilegon
Logo Rumah Berdaya Cilegon (RBC). (Foto: Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Rumah Berdaya Cilegon (RBC) merupakan lembaga swasta yang didirikan pada Januari 2022. RBC berkantor di Jalan Pandawa No. 129 Kavling Blok J, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon.

RBC merupakan lembaga swasta yang berperan sebagai inkubator bisnis yang berfokus pada pendampingan UMKM dan melahirkan wirausaha wirausaha baru/star-up yang memiliki inovasi, dampak dan juga memiliki daya saing yang kuat di pasar nasional.

RBC dibentuk oleh Yayasan Rumah Berdaya Cilegon yang disahkan berdasarkan SK Ketua Yayasan Rumah Berdaya Cilegon.  RBC difungsikan sebagai wadah kolaborasi dalam mewujudkan UMKM yang berkelas dan berkualitas, serta membantu pemerintah dalam menaikkan laju pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

Direktur Inkubator Bisnis RBC, Nia Desmalia mengatakan sejak November 2022 kemarin pihaknya sudah mengantongi sertifikat dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Alhamdulillah tahun 2022 kemarin di November kita sudah mengantongi sertifikat dari Kementerian Koperasi dan UMKM, sehingga kami menjadi lembaga resmi inkubator bisnis yang ada di Kota Cilegon,” katanya.

Sebagai lembaga inkubator bisnis, kata Nia, RBC memiliki spesialisasi di antaranya inkubasi UMKM /wirausaha, pelatihan kewirausahaan, narasumber bisnis, pendamping UMKM, dan konsultan UMKM.

“Kemudian kita juga punya spesialisasi mentor, coach, seminar bisnis, fasilitator, legalitas usaha, standarisasi produk, ijin edar produk, dan digital marketing,” ujarnya.

Saat ini, RBC telah memiliki hampir 300 anggota pelaku UMKM yang tersebar di Kota Cilegon maupun di Kota Serang. Bagi pelaku UMKM yang ingin tergabung dalam RBC, syaratnya sangat mudah.

“Tidak ada syarat khusus. Syaratnya hanya KTP, punya usaha dan kemantapan niat untuk maju dan berkembang. Saat ini tidak dipungut biaya pendaftaran,” ucap Nia.

Bagi yang sudah tergabung dalam RBC, Nia mengungkapkan tentunya banyak fasilitas dan manfaat yang akan didapat oleh para anggota.

“Yang sudah jadi member tentu akan mendapat banyak manfaat tentunya. Kita berikan pendampingan bisnis untuk bagaimana mindsetnya benar tentang bisnis, produk dan usahanya biar berkembang dan melesat hingga scale up,” katanya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top