Sabtu, 21 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Makan Daging Banyak, Berikut Tujuh Tips Jaga Kolesterol Gak Naik

Raden Warna and

| Jumat, 30 Juni 2023

| 10:22 WIB

Foto/IG @meatshopindaguna.jkt

EKBISBANTEN.COM – Meskipun makan daging dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, kamu masih dapat menjaga kolesterol dalam batas yang sehat dengan mengikuti beberapa tips berikut:

  1. Pilihlah daging yang rendah lemak

Saat memilih daging, pilihlah jenis yang rendah lemak, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, atau daging sapi tanpa lemak. Hindari makanan yang digoreng atau berlemak, seperti ayam goreng atau daging panggang berlemak.

  1. Batasi konsumsi daging merah

Daging merah, seperti daging sapi, domba, atau babi, mengandung lemak jenuh yang tinggi dan dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Batasi konsumsi daging merah dan gantilah dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, atau tempe.

  1. Pilih metode memasak yang sehat

Hindari menggoreng atau mengolah daging dengan cara yang menambahkan lemak, seperti mentega atau minyak kelapa. Sebaiknya, panggang, rebus, kukus, atau panggang daging dengan menggunakan sedikit minyak sehat, seperti minyak zaitun.

  1. Hidangkan porsi yang sesuai

Kontrol ukuran porsi saat makan daging. Hindari mengonsumsi daging dalam jumlah berlebihan. Jaga agar porsi daging Anda seimbang dengan porsi sayuran dan biji-bijian.

  1. Perhatikan penggunaan saus dan bumbu

Bumbu dan saus yang digunakan dalam hidangan daging juga dapat berkontribusi terhadap kolesterol dan lemak tambahan. Pilih bumbu yang rendah garam dan rendah lemak, serta hindari saus yang kaya akan lemak jenuh dan kolesterol.

  1. Kombinasikan dengan makanan sehat lainnya

Sertakan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang sehat sebagai bagian dari hidangan Anda. Serat yang tinggi dalam makanan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Tetap aktif secara fisik

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dalam kombinasi dengan pola makan yang sehat, aktivitas fisik dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol.

Ingatlah bahwa penting untuk tetap mengikuti nasihat dan petunjuk dari dokter atau ahli gizi terkait dengan konsumsi daging dan manajemen kolesterol Anda.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top