Sabtu, 19 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Mahasiswa Hukum Universitas Sutomo Gelar Panggung Pancasila

and

| Sabtu, 24 Juni 2023

| 19:21 WIB

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Himpunan Mahasiswa Hukum (Himakum) Universitas Sutomo (Unsut) menggelar panggung Pancasila. Acara itu berupa ajang kompetisi orasi ilmiah dan pembacaan puisi dalam memperingati hari lahir Pancasila.
Unjuk gigi penampilan antar mahasiswa hukum tersebut dilaksanakan di gedung Unsut pada hari Sabtu (24/6/2023).

Ketua Himakum Tirmiji Fadilah mengatakan, acara itu bertujuan agar para generasi muda terutama mahasiswa hukum dapat mengingat Pancasila sebagai falsafah bangsa.

“Generasi muda itu melek dengan debat, mengingat kembali falsafah bangsa kita Pancasila. Karena untuk saat ini, perkembangan zaman itu udah luar biasa, apalagi dengan era western ya budaya barat-baratan itu. Kita lebih menekankan tentang cinta budaya, cinta falsafah bangsa (Pancasila),” ujar Tirmiji usai acara.

Dia berharap, acara panggung Pancasila akan terus ada dalam agenda mahasiswa hukum Unsut. “Panggung Pancasila harus ada setahun sekali, karena momentum lahir Pancasila,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dosen Fakultas Hukum (FH) sekaligus juri dalam ajang kompetisi Panggung Pancasila Dede Firdaus Suyadi menilai, partisipasi dan antusias mahasiswa hukum dalam acara tersebut patut diacungi jempol.

“Peserta oke, para peserta sudah menampilkan yang terbaik dalam segi konteks materinya dalam segi intonasi dan vokalnya itu sudah sangat baik,” ujarnya.

Dede mengakui dalam acara tersebut masih terdapat beberapa kekurangan. Kendati demikian, lewat panggung Pancasila daya kreativitas mahasiswa hukum Unsut melalui orasi ilmiah dan pembacaan puisi layak diapresiasi.

“Memang ada beberapa kendala, tapi yang terpenting adalah bagaimana cara mahasiswa dapat mengeluarkan potensi kreativitasnya,” tutur Dede.

Senada dengan Dede, dosen merangkap juri lainnya Suci Kusuma Wardhani mengungkapkan apresi serupa pada penyelenggara acara dan peserta.

Dia menilai lewat panggung Pancasila mahasiswa hukum Unsut dapat menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap Indonesia.

“Untuk menumbuhkan dan memupuk rasa nasionalisme terhadap Indonesia dan tetap menjunjung tinggi Pancasila. Saya rasa ini sangat bagus, dari orasi ilmiah maupun puisi semua isi materi yang ada di orasi ilmiah dan di dalam puisi itu sudah sangat bagus,” tandasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top