Kamis, 19 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

UGM dan Unej Torehkan Juara NUDC Tahun 2023

Raden Warna and

| Selasa, 13 Juni 2023

| 17:43 WIB

Kegiatan National University Debating Championship (NUDC) di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari. (Foto/Untirta)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bersama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sukses menggelar kegiatan National University Debating Championship (NUDC) di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa-Minggu, 6-11 Juni 2023, yang melibatkan 159 mahasiswa Untirta yang dilibatkan sebagai Organizing Committee (OC), Liaison Officer (LO), dan Chairperson dan staf dari berbagai unit, 112 tim, dan 16 LLDIKTI. Kegiatan resmi ditutup pada Minggu malam, 11 Juni 2023, di Auditorium Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang.

Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Hendarman mengatakan, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh BPTI sebagai bagian dari pelaksanaan peran di bidang fasilitasi pengembangan prestasi dan dan manajemen talenta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui debat ilmiah. Peserta kegiatan ini berjumlah 112 tim dengan total 336 orang peserta terdiri atas mahasiswa dan dosen yang berasal dari 112 perguruan tinggi di Indonesia,” katanya.

“Penghargaan yang diberikan adalah untuk juara peetama setara emas, juara dua setara perak dan juara tiga setara perunggu. Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Untirta yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini,” imbuhnya.

Prof. Fatah menuturkan, sumringah dengan kegiatan ini karena dianggap memberikan rasa optimis di kalangan generasi muda.

“Saya secara pribasi optimis Indonesia emas Insya Allah tidak lama lagi kita gapai. Ini akan membawa Indonesia maju ke depan,” tuturnya.

“Dari Untirta dapat berapa besar, ternyata walaupun belum masuk kategori pemenang tapi sebagai tuan rumah menyambut hangat saudara tanah air kita dan kepada perwakilan Untirta saya apresiasi karena sudah ikut bagian di 112 tim,” ujarnya.

“Tahun depan kita targetkan minimal masuk tga besar. Insya Allah Untirta siap,” ucap Rektor dengan optimis.

baca juga: 112 Universitas Se-Indonesia Ikuti Ajang Debat Bergensi NUDC 2023 di Untirta

Prof Nizam mengungkapkan, terus mengikuti rangkaian NUDC di Untirta. “Saya mengikuti NUDC ini, sangat seru. Malam ini kita akan menutup dengan suka cita. Saya sangat bangga,” tuturnya saat penutupan melalui Zoom.

“Yang paling penting kita membutuhkan budaya yang terbuka dan perbedaan pendapatan dengan saling mengobati. Saya berharap terbiasa dalam diskursus terbiasa dengan perbedaan pendapat dan argumentasi, menghargai perbedaan yang sehat baik di kampus maupun di luar kampus,” imbau Prof. Nizam.

Pada kesempatan ini Untirta mendapatkan penghargaan dari BPTI sebagai tuan rumah. Sementara untuk pemenang Best Novice Speaker diraih Ramazan Bayram Sofiani dari Universitas Kristen Indonesia dengan mendapatkan skor 78.22, Overall Best Speaker diraih oleh Justin Gabriel Wibisono dari Universitas Indonesia.

Novice Champion diraih oleh Universitas Jember (Unej) atas nama Aidilla Lungguh dan Yohana Valentine dan Open Champion diraih oleh Universitas Gadjah Mada atas nama Ryan Kusnadi dan Anak Agung Gde.

baca juga: Lima Perlombaan Debat Paling Bergengsi di Indonesia

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top