Jumat, 20 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ciptakan Desa Tangguh dan Siaga Bencana, PT Pertamina Patra Niaga Fuel Tanjung Gerem Gelar Pelatihan dan Pendampingan Kebencanaan

Irfan Fahrulroji Suparlin and

| Rabu, 17 Mei 2023

| 15:01 WIB

PT Pertamina Patra Niaga Fuel Tanjung Gerem
Manajemen PT Pertamina Patra Niaga Fuel Tanjung Gerem bersama stakeholder Pemerintah Kota Cilegon dan masyarakat berfoto bersama usai pembukaan kegiatan pelatihan dan pendampingan kebencanaan. (Foto: Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – PT Pertamina Patra Niaga Fuel Tanjung Gerem menggelar kegiatan pelatihan dan pendampingan Kebencanaan yang berfokus pada bencana alam dan penanggulangan banjir di area sekitar operasional ring 1 perusahaan, yaitu Kelurahan Gerem dan Rawa Arum.

Program CSR Bidang Kebencanaan dengan tema “Menuju Desa Tangguh Sadar dan Siaga Bencana” tersebut, dilaksanakan sejak 17-18 Mei 2023 yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon.

“Hari pertama penyampaian materi dan hari kedua adalah simulasi kegiatan bencana banjir bersama BPBD Kota Cilegon, Basarnas, dan PMI,” kata perwakilan pimpinan PT Pertamina Patra Niaga Fuel Tanjung Gerem, Endud Mahdudi, Rabu (17/5/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Pimpinan/ Fuel Terminal Manager Tanjung Gerem, Camat Gerogol, Lurah Gerem, Kepala BPBD Kota Cilegon, Basarnas Pos Banten Merak, PMI Kota Cilegon, Koperasi Banten Bangun Desa (Fasilitator Kegiatan), Kelompok Siaga Bencana Kelurahan Gerem, Kelompok Siaga Bencana Kelurahan Rawa Arum.

Endud mengatakan, kegiatan pelatihan dan pendampingan kebencanaan tersebut merupakan salah satu komitmen PT Pertamina dalam pemberdayaan dan upaya penanggulangan pengurangan resiko dan kesiapsiagaan bencana di kalangan masyarakat, terkhusus di daerah ring 1 perusahaan yaitu Kelurahan Gerem dan Kelurahan Rawa Arum.

“Sebanyak 30 orang mengikuti kegiatan pendampingan dan pelatihan kelompok siaga dan sadar bencana, dengan menghadirkan pemateri dan narasumber yaitu Bapak Fery Krisna dari Basarnas Pos Merak Banten, Bapak Faturrohman dari BPBD Kota Cilegon, serta kami juga berkoordinasi dengan pihak PMI Kota Cilegon dalam penyampaian kebutuhan materi pendampingan,” ujarnya.

Endud berharap, melakui kegiatan pelatihan dan pendampingan kebencanaan ini masyarakat dapat mendapat dan menyerap ilmu baru seputar pengurangan resiko kebencanaan di wilayah tempat tinggalnya.

“Nanti masing-masing anggota kelompok siap siaga bencana ini juga dapat menjadi agen atau pioneer terkait upaya bersama dalam penanggulangan pra dan pasca bencana terjadi,” harapnya.

Sebagai informasi, selain menggelar kegiatan pelatihan dan pendampingan kebencanaan, PT Pertamina Patra Niaga Fuel Tanjung Gerem juga memberikan bantuan peralatan penunjang terkait kebencanaan di daerah Kelurahan Gerem dan Rawa Arum.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top