Kamis, 19 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kepala BPBD Kota Serang Ungkap Sebanyak 47 Bencana Terjadi Selama Maret 2023

and

| Senin, 3 April 2023

| 19:55 WIB

Kepala BPBD Kota Serang
Kepala BPBD Kota Serang, Diat Hermawan saat ditemui, Selasa (17/5/2022).(FOTO: ADEN/EKBISBANTEN.COM).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Diat Hermawan mengungkapkan sebanyak 47 bencana terjadi selama Maret 2023 di Kota Serang.

Hal itu dikatakannya saat dihubungi Ekbisbanten.com, Senin (3/4/2023).

“Selama Maret 2023, bencana yang terjadi diantaranya rumah roboh ada 25, banjir ada 16 titik lokasi, satu kejadian longsor, tiga kejadian pohon tumbang, dan kebakaran di dua lokasi satu rumah dan satu pondok pesantren,” katanya.

Ia menjelaskan, bencana itu disebabkan oleh cuaca ekstrem yang mengakibatkan banjir, kebakaran, longsor dan pohon tumbang pada peralihan musim hujan ke kemarau.

Akibatnya tercatat 25 unit rumah roboh akibat terdampak, dua orang luka sedang akibat kebakaran, daan satu orang mengalami luka berat akibat tertimpa reruntuhan rumah.

Lebih lanjut, Diat menuturkan, sebanyak 20 rumah mengalami kerusakan sedang, dan empat rumah rusak ringan, serta tiga rumah mengalami rusak berat.

“Yang paling banyak terdampak pada kejadian banjir di awal Maret 2023 kemarin,” jelasnya.

Ia menuturkan, sebanyak 16 titik lokasi banjir, terdapat 168 rumah terendam dan 397 jiwa terdampak dari 650 kepala keluarga (KK). Dan sejumlah anak sungai dan saluran irigasi pun meluap.

“Banjir itu memang cukup banyak warga yang terdampak. Rata-rata kejadian diakibatkan karena cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Kota Serang, terutama pohon tumbang dan banjir,” tandasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top