Sabtu, 21 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dongkrak Ekononi Banten, Menko Luhut Binsar Panjaitan Resmikan Gernas BBI dan BBWI 2023

Raden Warna and

| Selasa, 14 Februari 2023

| 16:32 WIB

(kiri) Pj Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi (tengah)Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam peresmian Peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2023 di KP3B Provinsi Banten. (Foto/Yuswan/Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, meresmikan pembukaan Peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2023 di KP3B Provinsi Banten, Jumat (10/2/2023).

Menurut Luhut, Gernas BBI dan BBWI 2023 mampu menciptakan 2,6 juta lapangan kerja dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, melalui daerah hingga pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,8 persen pada tahun 2022.

“Oleh karena itu, saya ingin tahu bapak dan ibu bupati dan gubernur ayo kita kerja rame-rame dorong program pemerintah untuk bangga berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI-red) dan juga belanja semus produk lokal e-katalog,” kata Luhut.

Dalam gelaran tersebut, Luhut berharap jumlah wisatawan di Indonesia meningkat dua kali lipat, lewat Gernas BBI dan BBWI. Dia menargetkan sebanyak 1,2 sampai 1,4 miliar perjalanan wisata di nusantara.

“Target Gernas BBI tahun ini adalah 1,2 sampai 1, 4 miliar perjalanan nusantara dan ini dua kali dari capaian tahun lalu saya yakin bisa,” ucap Luhut.

Masih kata Luhut, Gernas BBI dan BBWI juga mampu meminimalisir tingkat korupsi di pemerintahan, dengan adanya sistem pemerintah berbasis elektronik lewat e-katalog, sehingga mampu mentransformasikan ekonomi daerah secara lebih maksimal.

“Jadi Gernas BBI dan BBWI ini mentransformasi ekonomi kita menjadi ekonomi yang lebih bagus dan kita sekaligus membuat semua pemerintahan ini berbasis elektronik, jadi saya berharap dalam dua tahun kedepan tahun ini dan tahun depan, kita sudah bisa menyempurnakan itu, dan dengan itu saya berharap mengapa persepsi korupsi Indonesia akan jauh berkurang dari waktu-waktu yang lalu,” tegasnya.

Dalam rangkaian Gernas BBI dan BBWI 2023 juga, dilaksanakan peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) ke 6 di Banten oleh Executive Vice President Pengembangan Produk Niaga PT PLN (Persero) Awaluddin Hafid, didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi Abdullah Azwar Anas.

Nantinya, di tahun 2023 ini Pt PLN akan menambah sebanyak 8 lokasi SPLUK diantaranya, di jalur tol Jakarta-Merak yakni di Sosoro Mall – Pelabuhan merak, pintu keluar tol Serang Timur, pintu keluar tol Cikande, rest area KM 45 – Balaraja, Mal Citra Cikupa, Suvarna Sutera, Kantor PLN UP3 Cikupa, dan perumahan Pantai Indah Kapuk 2.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan, Gernas BI diharapkan bisa memberikan dampak nyata terhadap perekonomian Indonesia khusunya di Provinsi Banten.

“Gernas BBI ini bisa memberikan dampak yang makin nyata bagi Indonesia umumnnya dan khususnya Provinsi Banten. Dan juga kita terus menggiatkan upaya untuk membantu cinta dan bangga masyarakat terhadap produk-produk potensi wisata lokal di Provinsi Banten,” pungkas Al Muktabar.

Sebagai informasi, selain peluncuran SPKLU, dalam agenda Gernas BBI 2023 terdapat rangkaian menarik seperti pameran kendaraan listrik, pameran UMKM binaan Bank Indonesia, pameran both perbankan nasional serta penampilan budaya dan seni di Provinsi Banten.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top