Sabtu, 19 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

BKSDA Jabar Terima Penyerahan Sukarela Satwa Langka Owa Jawa dari Warga

Asra and

| Selasa, 7 Februari 2023

| 16:45 WIB

Salah satu primata langka yang diserahkan warga ke BKSDA Jabar. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Seksi Konservasi Wilayah I Serang menerima penyerahan secara sukarela satwa langka yang dilindungi Pemerintah yaitu Hylobates Moloch atau lebih dikenal dengan nama Owa Jawa dari masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BKSDA Jabar Wilayah I Serang, Andre Gibson saat ditemui awak media di Kantornya, Selasa (7/2/2023).

“Jadi memang ada penyerahan dari warga yang ada di Kecamatan Sumur, Pandeglang. Di mana masyarakat itu menghubungi Balai Nasional Ujung Kulon melalui Pak Made, beliau kemudian menghubungi saya dan saya langsung ambil ke sana,” katanya.

Ia menjelaskan, Owa Jawa yang telah berusia 4 tahun tersebut rencananya akan dititiprawatkan di lembaga Konservasi yang ada di Bogor.

“Rencana kami Owa Jawa ini akan dititip rawatkan di Lembaga Konservasi Animal Sanctuary Trust Indonesia (ASTI) yang ada di Gadog, Bogor,” tambahnya.

Lebih lanjut, Andre menjelaskan sebenarnya hewan langka dan dilindungi seperti Owa Jawa itu boleh dipelihara. Hanya saja, setiap orang yang menginginkannya harus melalui prosedur ketat.

“Izinnya pun harus langsung dari Presiden karena ini benar-benar langka bahkan masuk daftar spesies yang terancam punah,” jelasnya.

Diketahui, jumlah Owa Jawa terus mengalami kemerosotan bahkan sudah masuk daftar spesies yang terancam punah.

Salah satu alasan mengapa Owa Jawa menjadi hewan yang terancam punah adalah karena Owa Jawa setia hanya pada satu pasangan seumur hidupnya, alias memiliki sifat monogami.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top