Sabtu, 21 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dandim 0602/Serang Resmikan Budidaya Lele Bioflok Aplikasi Bios 44 di Pesantren

, and

| Jumat, 27 Januari 2023

| 13:05 WIB

Peresmian Kolam Bioflok Budidaya Lele di Ponpes Ar Rahman, Curug. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo meresmikan kolam bioflok budidaya lele aplikasi bios 44 di Ponpes Arrahman, Kampung Cidadap, Desa Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Kegiatan yang dihadiri Wali Kota Serang Syafrudin, CEO ASR Farm Banten Hendra Herman, Ahli pengaplikasi Bios 44 dari Kodam III/Siliwangi Sertu Addy Santoso dan Dony M, Kepala Dinas Pertanian Kota Serang, Kepala Kecamatan Curug, Kepala Kelurahan Tinggar, serta seluruh santri dan masyarakat di lingkungan Ponpes Ar Rahman tersebut diadakan, Jumat (27/1/2023).

Dalam kesempatannya, Pimpinan Ponpes Ar Rahman KH Misahul Efendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0602/Serang yang telah memilih Ponpes yang dipimpinnya untuk menjadi pilot project budidaya lele bioflok.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Dandim yakni Bapak Fajar bersama Bapak Hendra dari ASR Farm yang memberikan kepercayaan kepada l Ponpes kami. Insya Allah kami akan berusaha membayar kepercayaan bapak-bapak dengan keberhasilan budidaya lele bioflok ini,” katanya.

Senada dengan Pimpinan Ponpes Ar Rahman, Wali Kota Serang Syafrudin mengapresiasi Kodim 0602/Serang dan ASR Farm Banten yang mengajak Ponpes di wilayah yang dipimpinnya untuk melakukan budidaya lele bioflok.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya upaya yang dilakukan, saya kira ke depan kegiatan ini bisa diadakan di Ponpes lainnya di Kota Serang,” ujarnya.

Ia menyebut, kegiatan budidaya lele yang dilakukan tersebut bisa membantu pemerintah Kota Serang dalam upaya penurunan tingkat inflasi. Di mana saat ini, Kota Serang menjadi wilayah dengan tingkat inflasi tertinggi di Provinsi Banten.

“Kota Serang menjadi daerah dengan inflasi tertinggi yaitu 7,8 persen di Provinsi Banten. Berbagai program tentunya kami siapkan agar inflasi di sini berkurang, saya berterima kasih kepada bapak Dandim karena ini sangat membantu kami dalam penekanan inflasi daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0602/Serang Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo mengungkapkan dalam peresmian budidaya lele bioflok di Ponpes Ar Rahman ini dilepaskan sebanyak 10.000 bibit ikan lele.

“Setelah ini tentunya kami akan terus bergerak. Tidak menutup kemungkinan kami akan lakukan Semoga bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo menjelaskan selain budidaya lele, Kodim 0602/Serang juga fokus di bidang pertanian yakni dengan mengelola demplot. Hal itu dilakukan, untuk mendukung ketahanan pangan.

“Kalau ini semua berhasil tentunya saya yakin Kota Serang akan menjadi lebih makmur dan sejahtera,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut juga dibagikan produk unggulan UMKM Kodim 0602/Serang yang bekerjasama dengan ASR Farm Banten yakni makanan berbentuk rice bowl bermerk ChiLe. Tampak, Wali Kota Serang, pengurus Ponpes, Santri hingga tamu undangan antusias mencicipi ChiLe.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top