Jumat, 20 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Warga Mancak Minta Tambang Galian C Ilegal Ditutup Selamanya

Raden Warna

| Rabu, 28 Desember 2022

| 17:23 WIB

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Warga Mancak Kabupaten Serang melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Serang, meminta supaya galian C tambang ilegal di Kecamatan Mancak untuk ditutup, karena dinilai merugikan warga dan merusak lingkungan.

Ketua Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup (MPLH) Kabupaten Serang Agung Wahyudi mengatakan, pihaknya meminta kepada DPRD dan pihak terkait untuk mengawal dan menutup tambang galian ilegal tersebut.

“Justru itu kita minta jaminan untuk hal tertentu, mengawal proses itu sampai keluar proses aturan untuk menutup (galian ilegal -red),” kata Agung usai melakukan audiensi di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Rabu (28/12/2022).

Agung menyebut, kegiatan tambang tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2019 akhir dengan titik penambangan yang terus berpindah-pindah.

“Sudah lama memang selesai bukit ini pindah ke yang lain, sudah dimulai dari 2019 akhir, (kerigiannya-red) banyak, kalau panas berlebih kalau hujan banjir dan berimbas ke rumah sekitar kemudian sangat parah juga gejolak di masyarakat,” ujarnya.

“Beberapa kali, warga yang menolak kemudian kalah denga pengusaha tambang, muatan yang lewat itu overload, kalau saya lihat bukan penambang disitu dari Banten ada yang dari wilayah timur,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Komisi IV Tb Baenurzaman menyebut, pihaknya akan segera mengambil langkah untuk menutup aktivitas tambang ilegal tersebut.

“Maka dari itu kami meminta kerjasama nya dengan Pemda ini di tutup, kalaupun itu izin nya tidak ada di Kabupaten Serang,” katanya.

Untuk itu, pihaknya bersama OPD terkait akan melakukan peninjauan secara langsung pada hari Jumat, 30 Desember 2022 besok.

“Untuk kami meminta kepada Satpol PP, LH, Perizinan, tata ruang, ya kalau menyalahi aturan buat apa kita tutup saja,” pungkas pria yang akrab disapa Beben.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top