Kamis, 17 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Jelang Puncak Ibadah Natal, Brimob dan K9 Polda Banten Lakukan Sterilisasi Gereja

Asra, and

| Sabtu, 24 Desember 2022

| 13:30 WIB

Brimob dan K9 Polda Banten
Personel Brimob dan K9 Polda Banten usai melakukan sterilisasi GKI Serang. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Personel Brigade Mobil (Brimob) dan K9 Polda Banten mulai melakukan sterilisasi di sejumlah Gereja di Provinsi Banten jelang pelaksanaan puncak ibadah Natal, Sabtu (24/12/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada Umat Kristiani saat ibadah Natal berlangsung.

Hal itu diungkapkan oleh Ipda Aris Widodo Kepala Unit (Kanit) I Subdit III Gegana Polda Banten usai melakukan sterilisasi.

“Kegiatan hari ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Belajar dari pengalaman sebelumnya dan agar khidmatnya Natal tahun ini bisa lebih terasa,” katanya.

Ia menjelaskan, sterilisasi di wilayah hukum Polda Banten tersebut dilaksanakan di 56 Gereja di Provinsi Banten.

“Untuk di wilayah Kota Serang sendiri kami sudah melakukan tugas sterilisasi mulai dari GKI Serang, GBI Serang, Gereja HKBP Resort Serang dan Gereja Kristus Raja Serang. Di mana total personel yang diturunkan dari Jibom adalah 10 personel dan K9 sebanyak 7 orang,” ungkap Ipda Aris.

Lebih lanjut, Ipda Aris menjelaskan dalam proses sterilisasi tersebut diterjukan anjing pelacak K9 dan alat yang digunakan adalah deteksi kimia biologi radioaktif dan deteksi bom.

“Dalam penyisiran yang dilakukan, setiap sudut bangunan Gereja diperiksa secara teliti baik di dalam maupun luar Gereja. Tidak hanya setiap ruang, bahkan ornamen natal, lemari yang ada dalam gereja dan kursi jemaat pun tidak luput dari pemeriksaan petugas,” ujarnya.

Personel Brimob Polda Banten saat melakukan sterilisasi di gereja HKBP Resort Serang. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

“Kami harap hal ini dalam memberikan rasa aman kepada para jemaat yang akan menjalankan ibadah Natal dari segala kemungkinan adanya gangguan, tambah Ipda Aris.

Sementara itu, Pimpinan Gereja HKBP Resort Serang, Pendeta Benny Bonaniaek Siagian mengaku sangat berterima kasih kepada Kepolisian dan semua pihak yang telah membantu pengamanan peribadatan Natal Tahun 2022, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaat yang akan melakukan peribadatan.

“Rasa nyaman itu tentunya sangat penting. Hari ini kami bersyukur menjelang puncak ibadah sudah dilakukan sterilisasi dari pihak kepolisian. Terima kasih dan semoga damai natal menyertai kita semua,” pungkasnya.

Diketahui selain sterilisasi, Polda Banten juga menerjunkan personel sebanyak 425 personel untuk melakukan pengamanan Misa Natal yang disebar di 56 Gereja di Provinsi Banten.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top