Sabtu, 21 September 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

ASR Farm Banten Gagas Budidaya Ayam Sehat Herbal yang Bergizi Tinggi dan Higienis

Admin

| Senin, 5 Desember 2022

| 09:26 WIB

Ayam Sehat Herbal
Ayam sehat herbal yang diproduksi ASR Farm Banten terbukti bergizi tinggi, higienis, tidak berlendir dan berbobot lebih berat. (ILUSTRASI: ISTIMEWA).

EKBISBANTEN.COM – Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan kian hari kian meningkat.

Hal tersebut mengakibatkan pergeseran pola konsumsi di mana kini filosofi makan bukanlah sekadar untuk kenyang tetapi yang lebih utama untuk mendapat tingkat kesehatan dan kebugaran yang optimal.

Oleh karena itulah, mengapa dewasa ini banyak masyarakat yang mulai melirik pangan organik (back to nature) dan meninggalkan produk makanan yang mengandung bahan kimia.

Untuk mendukung hal itu, di bidang Peternakan, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Undang Undang Nomor 18 tahun 2009 juncto Undang Undang Nomor 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

Di mana dalam ke dua UU tersebut menyatakan tentang pelarangan penggunaan pakan yang dicampur hormon tertentu dan atau antibiotik imbuhan pakan (Antibiotic Growth Promotors-AGP).

Sebenarnya, kebijakan pelarangan ini telah lama diambil oleh berbagai negara di dunia terutama di Eropa sebagai bagian dari kampanye Antimicrobial Resistance (AMR) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Termasuk FAO dalam rilisnya tanggal 30 Mei 2018 mengingatkan kembali agar seluruh dunia segera menghentikan penggunaan Antibiotik sebagai pemacu pertumbuhan.

Atas pertimbangan di atas, ASR Farm Banten berinovasi dengan melakukan Budidaya Ayam Sehat Herbal yang berlokasi di Kampung Pasuluhan, Kelurahan Pasuluhan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten.

Saat ditemui Ekbisbanten.com, CEO ASR Farm Banten, Hendra Herman menjelaskan budidaya ayam sehat herbal menggunakan seratus persen herbal alami dan tidak menggunakan hormon pertumbuhan, bahan kimia sintetis maupun antibiotik.

“Ayam yang kami budidaya dipelihara secara organik dengan menggunakan jamu-jamuan atau herbal alami yang terbuat dari lempuyang, gula merah, jahe dan temulawak yang diproduksi sendiri yang merupakan hasil penelitian dari Fakultas Peternakan Unsoed. Sehingga secara kualitas kami bisa memastikan terjamin,” katanya.

Lokasi budidaya Ayam Sehat Herbal di Kampung Pasuluhan, Kelurahan Pasuluhan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten. (FOTO: ISTIMEWA).

Dijelaskannya, jamu-jamuan atau herbal yang sudah diolah tersebut menggantikan penggunaan dan fungsi bahan-bahan kimia sintesis seperti obat, vitamin dan suplemen. Dengan demikian ayam akan semakin higienis, tidak berlendir dan memiliki bobot yang cenderung lebih berat.

“Tentunya dengan cara tersebut dapat menghasilkan daging ayam yang sehat dan berkualitas. Selain itu aman dikonsumsi, karena bebas residu antibiotik dan residu hormon,” terangnya.

Hendra mengungkapkan Budidaya Ayam Sehat Herbal yang digagas ASR Farm Banten adalah yang pertama ada di Provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini.

“Kami berharap ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri untuk Banten, apalagi perusahaan besar salah satunya dari Singapura saja datang ke sini untuk mempelajari apa yang kami kerjakan,” ujarnya.

Pria yang pernah bekerja di Perusahaan Batubara tersebut menuturkan dalam pelaksanaannya, pihaknya menerapkan sistem manajemen pemeliharaan yang ketat.

“Kami tidak asal-asalan dalam budidaya ini semuanya di bawah pengawasan Insinyur Profesional Utama dan bersertifikat tingkat negara ASEAN,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahkan untuk memastikan Ayam Sehat Herbal yang diproduksinya aman untuk masyarakat, maka produk ayam sehat herbal tersebut dilakukan uji ke Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI.

Hasilnya, Ayam Sehat Herbal ASR Farm Banten terbukti memiliki kandungan gizi tinggi (memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak), bebas residu antibiotik, bebas residu hormon, dan aman dari cemaran bakteri patogen (higienis).

“Kami punya misi-visi ke depan, Budidaya Ayam Sehat Herbal dengan manajemen bintang lima, investasi kaki lima. Mudah-mudahan ini akan terus berkembang, mohon dukungan dari semua,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top