Jumat, 18 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Wali Kota Serang Serahkan 142 KTP Elektronik untuk Siswa di SMAN 4 Kota Serang

Admin

| Senin, 17 Oktober 2022

| 20:26 WIB

Wali Kota Serang
Wali Kota Serang, Syafrudin menyerahkan secara simbolis KTP elektronik kepada siswa SMAN 4 Kota Serang, Senin (17/10/2022). (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Wali Kota Serang, Syafrudin bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik secara simbolis untuk siswa di SMAN 4 Kota Serang.

Penyerahan KTP elektronik tersebut berlangsung di Halaman SMAN 4 Kota Serang usai pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (17/10/2022).

Saat ditemui awak media, Syafrudin mengatakan penyerahan KTP elektronik tersebut diberikan kepada siswa kelas XII yang akan lulus.

“Ini perdana, sekolah pertama yang siswanya mendapatkan KTP elektronik,” katanya.

Menurut Syafrudin, pemberian KTP elektronik menjadi hal yang sangat penting bagi WNI. Hal itu lantaran dengan memiliki KTP, WNI bisa memperoleh hak-haknya.

“Pemberian KTP elektronik merupakan kewajiban Pemerintah dan menerima KTP elektronik merupakan hak konstitusional setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Serang, Herry Siswanto menjelaskan, total KTP elektronik yang diberikan adalah sebanyak 142 buah.

“140 KTP elektronik itu untuk siswa warga Kota Serang yang ada di Kecamatan Cipocok Jaya, Serang, Kasemen, bahkan ada di Walantaka. Sementara itu ada 2 dari luar daerah yaitu dari Kecamatan Kramatwatu dan Kecamatan Cengkal Kabupaten Ogan Komering Ilir,” terangnya.

Herry menuturkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan perekaman di beberapa sekolah di Kota Serang.

“Jadi sebelumnya kami sudah melakukan perekaman secara jemput bola ke sekolah-sekolah. Hal itu dilakukan untuk memudahkan para siswa dan membantu mereka memiliki KTP sehingga di tahun 2024 sudah memiliki hak pilih,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Herry mengungkapkan total ada sekitar 42 ribu pemilih pemula di Kota Serang. Jumlah tersebut belum diidentifikasi sepenuhnya.

“Datanya ada sekitar 42 ribu kategori pemilih pemula, tetapi belum kita identifikasi. Jumlah itu bukan hanya siswa tetapi juga TNI dan Polri yang baru pensiun masuk di dalam kategori itu,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top