Jumat, 18 Oktober 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dampak Inflasi Tak Terelakkan Lagi, Ini Tips Hadapi Risikonya

Admin

| Senin, 17 Oktober 2022

| 15:04 WIB

Inflasi
Foto: Freepik.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Belakangan ini inflasi tengah menjadi pembicaraan banyak orang dan menjadi topik yang menarik untuk dibahas.

Dikutip dari postingan Instagram Bank Indonesia @bank_indonesia, inflasi secara sederhana dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum, dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Dengan terjadinya inflasi yang menyebabkan sejumlah harga barang dan jasa mengalami kenaikan, menjadi keluhan tersendiri bagi masyarakat.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dampak inflasi di kehidupan sehari-hari? Dikutip dari sumber yang sama, berikut langkah-langkahnya:

  1. Belanja Bijak

Mulailah dengan membagi antara pos kebutuhan dan keinginan. Utamakan berbelanja barang-barang yang memang dibutuhkan dan tidak melakukan panic buying.

  1. Optimalkan Hobi untuk Menambah Pemasukan

Mengoptimalkan hobi untuk menambah pemasukan tambahan di samping pemasukan utama menjadi opsi yang baik. Digitalisasi yang terus berkembang seperti saat ini sangat mendukung ide, kreativitas, maupun jasa yang kita miliki dengan memanfaatkan platform online sebagai tempat berjualan.

  1. Siapkan Dana Darurat

Mengalokasikan dana darurat juga menjadi opsi yang penting. Dana darurat atau dana khusus dapat digunakan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

  1. Investasi Sesuai Profil Risiko

Langkah-langkah di atas akan semakin maksimal saat kita memilih investasi yang tepat. Seperti kita ketahui, inflasi dapat mengurangi nilai riil uang. Untuk itu pilihlah investasi yang memberikan keuntungan lebih besar dari tingkat inflasi.

Tapi, jangan lupa untuk memerhatikan kembali profil risiko kita masing-masing, karena bagaimanapun setiap investasi juga memiliki risiko. Jadi, sesuaikan profil risiko dengan kondisi keuangan.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top