9 Waktu Yang Tepat Untuk Mendengrkan Musik

6
Foto: shutterstock

SERANG, EKBISBANTEN – Mendengarkan musik mampu mengurangi rasa penat, sakit, depresi, serta dapat meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa bernyanyi dan mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati atau mood.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mendengarkan musik? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut waktu yang tepat untuk memutar mendengarkan musik:

  1. Saat persiapan di pagi hari untuk beraktivitas

Kamu bisa memilih lagu dengan musik yang tepat dan mengatur ketenanganmu di pagi hari. Kalau membutuhkan ketenangan, kamu bisa memasang musik instrumental.

Kalau butuh energi ekstra untuk hari itu, kamu bisa menyetel lagu yang menyenangkan dan membuatmu tersenyum. Dijamin kamu jadi semangat dan selalu berpikir positif

  1. Selama perjalanan

Kamu bisa mengurangi amarahmu karena kemacetan atau udara yang terik dengan memutar musik favorit di jalan. Hal ini bisa meredakan ketegangan yang kamu rasakan dari perjalanan itu.

Selain itu, musik juga dapat mengurangi rasa menunggu dalam kemacetan karena diiringi musik yang kamu sukai. Perjalanan akan terasa santai dibuatnya.

  1. Saat memasak

Memasak adalah waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan stres. Memasak sendiri sudah bisa melepas penat. Namun, kamu bisa membuat hatimu semakin riang dengan musik.

Kamu bisa memutar musik yang lembut sehingga waktu memasak menjadi hal yang menyenangkan. Kamu akan menemukan dirimu lebih rileks dan bisa menikmati makananmu setelah siap.

  1. Saat Makan

Musik yang menenangkan bisa memicu respons relaksasi. Ini membuatmu lebih mudah mencerna makanan. Penelitian menunjukkan bahwa musik klasik, khususnya, dapat membantumu makan lebih sedikit, mencerna lebih baik, dan lebih menikmati makanan

  1. Saat bersih-bersih

Menjaga rumah yang agar tetap bersih bisa mengurangi tingkat stres, terutama untuk kamu yang sibuk dan sudah menghabiskan energi dengan bekerja seharian.

Namun, coba dengarkan musik sambil bersih-bersih, selain meningkatkan semangat dan energi bersih-bersih menjadi lebih menyenangkan.

  1. Saat bekerja/belajar

Produktivitas kerja dan gairah belajar itu ibarat iman, bisa naik-turun. Kadang semangat membara, sering juga tak berdaya. Untuk itu, kita memerlukan sesuatu untuk membuat keadaan lebih stabil.

Dengar mendengarkan musik yang tidak biasa didengar, misalnya lagu-lagu instrumental (yang tanpa lirik). Ada yang mendayu, yang dreamy, yang mengentak, dan yang lainnya.

  1. Saat berolahraga

Pasalnya, kita butuh musik yang membuat badan tetap bergerak dan bikin mood terus meningkat. Contohnya banyak, ya. Bisa dari Indonesia, barat, Korea, dan yang lainnya.

  1. Ketika sedang galau/sedih

Dalam keadaan galau atau sedih, alangkah baiknya memutar musik dengan memilih lagu berisik hanya untuk “kabur” dari perasaan sesungguhnya. Tetapi tidak masalah jika mendengar lagu mellow atau sedih ketika sedang sakit hati tu dapat meredakan rasa sedih.

  1. Sebelum tidur

Tidur yang berkualitas penting untuk mengurangi stres pada keesokan harinya. Namun, stres juga bisa mengganggu tidurmu.

Sebagai solusinya, kamu bisa memutar musik sebelum tidur untuk melawan rasa stres itu sehingga menenangkan pikiranmu. Pasang musik yang menenangkan agar tubuh dan perasaan ikut tenang. Jangan pakai musik sedih, ya!

(Red)