8 Tips Menabung untuk Menikah yang Perlu Kamu Tahu

32
Ilustrasi pernikahan. (FOTO/Unsplash)

EKBISBANTEN.COM – Pernikahan adalah bagian dari perjalanan hidup yang pasti setiap orang akan lalui.

Hal tersebut juga menjadi momen sekali dalam seumur hidup, sehingga banyak orang yang tak ingin kecewa di hari bahagianya.

Oleh karena itu, perlu adanya persiapan materi dan mental yang baik supaya acara pernikahan yang sudah direncanakan tidak gagal dan berantakan.

Dikutip Ekbisbanten.com dari situs Popbela dan herworld pada Kamis (23/6/2022), berikut 8 tips cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan.

1.Tentukan budget pernikahanmu

Ada hidup panjang yang berusaha kamu bangun bersama pasangan setelah hari pernikahanmu.

Jadi, sekalipun kamu menginginkan pernikahan impian yang kemungkinan besar memakan biaya, penting untuk menentukan budget pernikahanmu.

Mungkin bukan nominal pasti, lebih ke range biaya yang ingin dikeluarkan.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengalokasikan dana untuk keperluan pernikahanmu.

  1. Buka satu akun khusus

Ketika budget dan tanggal sudah ada dalam rencanamu, mulailah menabung.

Untuk memastikan tabungan pernikahanmu benar-benar digunakan untuk rayakan hari bahagiamu, mungkin membuat akun khusus bisa jadi pilihan yang tepat.

Kamu dan pasangan bisa membuka satu akun yang didedikasikan untuk menyimpan tabungan pernikahanmu.

Selain membuat proses persiapan terasa lebih menyenangkan, kalian sama-sama terlibat untuk mewujudkan pernikahan impian.

Akun ini memudahkanmu untuk memeriksa tabungan yang sudah terkumpul dan pengeluaran yang sudah terpakai selama persiapan.

  1. Tentukan nominal tabunganmu

Rutinlah menabung. Mungkin satu bulan sekali, seminggu atau dua minggu sekali, kamu rutin menyisihkan uangmu untuk masuk ke akun pernikahan yang sudah kamu persiapkan.

Begitu juga pasanganmu. Seberapa sering kalian menabung, pastikan sudah dikomunikasi sejak menentukan budget sehingga persiapan pernikahanmu secara finansial tak berat sebelah.

  1. Sepakat hal-hal yang menjadi prioritas

Tips menabung untuk menikah yang juga tak kalah penting adalah menentukan prioritas pengeluarannya. Apapun pernikahannya, megah atau intim, banyak detail yang harus kamu pastikan ada saat hari bahagiamu.

Jadi, coba duduk bersama pasangan, lalu buat daftar prioritas akan hal-hal yang diperlukan untuk pernikahanmu.

Dengan begitu, kalian berdua lebih mudah mengidentifikasi hal-hal yang bisa dan boleh mengeluarkan biaya relatif tinggi, serta hal lain yang bisa diminimalisir pengeluarannya.

Mungkin kamu ingin membeli gaun pengantin dari desainer favoritmu, jadi pengeluaran untuk bulan madu bisa kamu akali dengan pergi ke tempat yang lebih terjangkau.

  1. Coba temukan “inklusivitas” saat mencari lokasi pernikahan

Ada beberapa bagian dalam persiapan pernikahanmu yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, tanpa harus menghancurkan impianmu.

Mulai dari mencari venue pernikahan yang tawarkan paket all-inclusive. Tak hanya ruang untuk rayakan hari pernikahanmu yang ditawarkan, tetapi berikut katering, jasa layanan selama acara, hingga akomodasi bagi para undangan ketika kamu putuskan untuk menikah di tempat jauh dari keramaian.

Dengan menemukan lokasi pernikahan, ditambah tawaran tersebut, kamu bisa mengelola tabunganmu dengan lebih leluasa, sekaligus memberikan ekstra biaya untuk hal-hal lain.

  1. Lakukan proyek DIY

Ketika kamu memilih pernikahan yang cenderung lebih intim, perayaan bersama sanak saudara dan sahabat, tentu jumlah tamu undangan sudah diketahui.

Mungkin kamu bisa mengajak beberapa orang untuk lakukan do-it-yourself project seperti menuliskan nama-nama penerima undangan, membungkus souvenir pernikahanmu, atau membuat centerpiece yang akan menghiasi sudut-sudut ruangan.

  1. Sisihkan 15 persen dari gaji, dalam tiga tahun sudah cukup untuk sewa gedung dan katering

Komitmen untuk menyisihkan 15 persen dari gaji penting banget, lho. Dengan menentukan besaran pasti tiap bulan, kamu jadi punya gambaran rencanamu di masa depan.

Menabung 15 persen dari uang gaji yang minim tak akan terasa berat kok. Bahkan, jika dikumpulkan dalam tiga tahun, kamu bisa menggunakannya untuk sewa gedung dan bayar katering. Cara perhitungannya:

15 persen x 3.000.000 = 450.000
Selama satu bulan, tabunganmu dan pasangan = 2 x 450.000 = 900.000
Dalam waktu 3 tahun = 36 x 900.000 = 32.400.000

  1. Pacaran di rumah saja atau di tempat yang nggak perlu mengeluarkan uang
    Supaya bisa menekan pengeluaran

Mulai sekarang lakukan pacaran hemat dengan pasangan. Nggak perlu deh makan romatis di restoran mahal kalau kamu bisa masak dan makan bareng pasangan di rumah.

Hindari juga kebiasaan nonton film di bioskop. Kamu bisa sewa DVD dan nonton di rumah. Nggak cuma hemat, tapi model pacaran ini juga nggak kalah romantisnya!. ***