Selasa, 21 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

6 Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Libur Lebaran

Ismatullah

| 7 April 2024

| 05:00 WIB

Mudik
Ilustrasi berkendara jarak jauh saat libur lebaran. (Foto: Yamaha for Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Momen libur lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau berlibur untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga.

Bagi yang memilih menggunakan sepeda motor, mempersiapkan kendaraan penting untuk dilakukan. Selain itu kondisi fisik pengendara juga harus prima.

Tingginya mobilitas masyarakat pada saat momen libur lebaran tersebut, perlu disertai dengan kesiapan fisik maupun kondisi kendaraan itu sendiri. Apalagi, jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan harus melintasi medan jalan yang beragam.

BACA: Pemudik Sepeda Motor Asal Jakarta Berangkat Malam Hari Guna Hindari Panas dan Macet

“Libur lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh, oleh karena itu kondisi fisik harus selalu prima. Menjaga konsentrasi saat berkendara sangat penting, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kondisi kendaraan juga harus dipastikan siap untuk digunakan perjalanan jauh.” papar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam keterangan tertulis, kemarin.

Berikut 6 tips berkendara jarak jauh saat libur Lebaran:

  1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Cek kondisi motor, standar alur ban dan tekanan angin, lalu periksa juga kondisi rem juga harus berfungsi dengan baik. Kemudian cek juga untuk kondisi aki, lampu-lampu dan kelistrikan. Pengecekan sepeda motor sebelum perjalanan perlu dilakukan agar pengendara tenang dan nyaman saat berkendara jarak jauh.

Disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi dan manfaatkan diskon atau potongan harga dibengkel resmi Yamaha melalui program Promo RAYA (Ramadhan Bersama Yamaha) yang tersedia untuk pembelian spare part dan aksesoris di seluruh jaringan dealer resmi Yamaha.

  1. Perhatikan Kondisi Fisik

Kondisi jalanan yang padat menjelang lebaran akan mengurangi konsentrasi berkendara, apalagi jika berkendara saat masih berpuasa. Oleh karena itu kondisi fisik harus dipersiapkan dengan matang.

Peregangan otot sebelum perjalanan, jangan lupa makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin jika perlu. Bawa obat-obatan pribadi dan nomor darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidur yang cukup sebelum perjalanan juga akan membantu menjaga kondisi tubuh dan menghindari kelelahan.

Saat berkendara jauh, dianjurkan untuk beristirahat setiap 2 jam untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, jangan memaksakan untuk berkendara tanpa istirahat.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top