5 Kunci Banten Lakukan Digitalisasi dan Elektronifikasi Ekonomi dan Keuangan Daerah

8
Foto/BI Banten

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) provinsi Banten Erwin Soerjadimadja menyampaikan, lima hal yang harus dipenuhi Provinsi Banten dalam menyambut Digitalisasi dan Elektronifikasi Ekonomi dan Keuangan Daerah.

“Yang pertama yaitu memberlakukan vaksinasi, kedua berjalannya industri pengolahan, tranaportasi supaya Bina Hububgan Saling Percaya dapat terjalin,” kata Erwin dalam agenda Forum sistem Pembayaran, KPw BI Banten dengan tema
“Akselerasi Digitalisasi dan Elektronifikasi Ekonomi dan Keuangan Daerah” melalui chanel youtube, Senin (19/4).

Lanjut Erwin, yang ketiga yaitu mempercepat konsumsi Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBD) guna insfrastruktur.

“Yang ke empat yaitu dukungan pembiayaan dari perbankan, dan yang kelima ini paling penting adalah digitalisasi perekonomian,” katanya.

Beberapa langkah yang sudah BI Banten lakukan sejak tahun 2020 dalam melakukan transformasi digital dan perekomian yakni, mengadakan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

“Kemudian seluruh transaksi keuangan digital bisa dilakukan selama 24 jam, dan memaksimalkan elektronifikasi Bansos,” jelas Erwin.

Sementara itu, Kepala Divisi Sistem Pengelolaan Uang Rupiah, Sistem Pembayaran, dan Sistem Layanan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erry P Suryanto mengatakan, untuk menuju inklusi keuangan yang baik harus menyeragamkan perbedaan masyarakat segmen menengah kebawah penyaluran bansos transaksi belanja dan transportasi.

“Termasuk dalam insfrastruktur jaringan telekomunikasi yang baik,” tutup Erry. (Raden)