400 Aset Milik Pemkab Serang Belum Bersertifikat

132
Dok. Pemkab Serang

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Sebanyak 400 aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berupa lahan tanah dan bangunan sekolah belum punya legalitas sertifikat.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Serang, Fairu Zabadi mengatakan, dari 400 aset tersebut paling banyak dikelolah oleh Dinas Pendidikan. Sedanglan selebihnya tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang ada di Pemkab Serang.

“Kalau untuk jenisnya, aset tersebut berupa bangunan, tanah dan lainnya kebanyakan aset yang belum tersertifikasi yakni aset jenis lahan atau tanah. Kalau tanah kan bangunannya ngikut,” ujar Zubadi kepada Wartawan, Selasa (5/5).

Berdasarkan hitungan Zabadi, aset yang belum punya legalitas sertifikat pada Dinas Pendidikan yakni sebanyak 350 bidang aset dan untuk 50 bidang aset lainnya tersebar di OPD lain.

“Dari 400 bidang aset sudah lebih dari setengah, tinggal beberapa saja mungkin seratusan lagi lah yang belum kita lengkapi dokumennya,” jelas Zubadi.

Untuk itu lanjut Zubadi, pihaknya akan berusaha menyelesaikan legalitas aset-aset tersebut hingga akhir bulam Mei 2020 ini.

“Dikarenakan adanya permintaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan persertifikatan aset Pemkab Serang untuk saat ini sedang dalam proses. Hanya saja, untuk saat ini belum terlaksana dikarenakan aset-aset tersebut masih dalam pendataan ulang.

“400 aset sedang dalam didata kembali,” tukas Tatu. (raden)